TRON (TRX) Terbang Setelah Pengumuman <i>Listing</i> di Binance AS
TRX naik setelah Binance AS umumkan bakal perdagangkan Tron. (TRON Network)

Bagikan:

JAKARTA – Aset kripto TRON (TRX) mengalami kenaikan harga setelah Binance AS umumkan bakal mendaftarkan TRX ke bursa baru-baru ini. Ini merupakan bagian dari ‘Binance Effect,’ pasalnya setiap kali ada koin yang listing di exchange tersebut, biasanya mengalami kenaikan harga secara signifikan. Ini karena daya beli di Binance terbilang tinggi.  

Berdasarkan laporan U.Today dari analisis grafik di TradingView, TRX mengalami kenaikan harga sebesar 8,5 persen seperti yang dilaporkan dari U.Today. Menurut grafik harian koin, Tron menembus salah satu resistensi terkuat di grafik harian dan mencapai level yang dilihat pasar cryptocurrency pada Januari lalu.

Resistensi yang telah disebutkan sebelumnya adalah rata-rata pergerakan eksponensial 200 hari, yang belum ditembus atau disentuh oleh TRX sejak awal Desember. Dengan munculnya daya beli dan pasar yang sangat oversold, harga aset dengan cepat menembus rata-rata pergerakan dan bergerak lebih jauh.

Sebelum listing, TRX juga bergerak dalam tren jangka pendek yang tajam sejak pertengahan Maret. Sebelum listing, aset sudah naik lebih dari 24 persen. Pergerakan altcoin dari 2017 sangat mirip dengan proyek lain seperti Cardano, Ethereum dan bahkan Zilliqa.

Sebagai informasi tambahan, TRON didedikasikan untuk mempercepat desentralisasi Internet melalui teknologi blockchain dan aplikasi terdesentralisasi (DApps). Didirikan pada September 2017 oleh H.E. Justin Sun, jaringan TRON terus memberikan pencapaian yang mengesankan sejak peluncuran MainNet pada Mei 2018.

Pada Juli 2018 menandai momen penting bagi Justin Sun karena berhasil mengakuisisi BitTorrent, pelopor dalam layanan terdesentralisasi yang memiliki hampir 100 juta pengguna aktif bulanan. Jaringan TRON telah mendapatkan daya tarik yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir, dengan lebih dari 84 juta pengguna di blockchain dan lebih dari 3 miliar transaksi.

Selain itu, TRON menampung pasokan stablecoin terbesar yang beredar di seluruh dunia, menyalip USDT di Ethereum pada April 2021. Jaringan TRON merampungkan desentralisasi penuh pada Desember 2021 dan sekarang menjadi DAO (Decentralized Autonomous Organization) murni yang diatur oleh komunitas, sebagaimana dilansir dari laman resmi TRX.

Saat penulisan, harga TRX diperdagangkan di level Rp1.050. Sementara itu, dalam satu pekan terakhir performa TRX mengalami kenaikan sebesar 11,6 persen berdasarkan laporan data dari Coingecko.