Bagikan:

JAKARTA - Pendiri Tron, Justin Sun, baru-baru ini memindahkan 173 juta koin TRX ke bursa kripto Binance, mengguncang pasar dan menimbulkan pertanyaan: Apakah harga TRX akan mengalami penurunan? 

Menurut data dari Arkham Intelligence, Justin Sun tidak hanya memindahkan TRX senilai 21 juta Dolar AS (sekitar Rp344 miliar), tetapi juga mengirim 120,149 miliar BitTorent (BTT) senilai sekitar 105.000 Dolar AS (sekitar Rp1,7 miliar), dan 20,293 miliar WINkLink (WIN) senilai 1,79 juta Dolar AS (sekitar Rp29,3 miliar) ke Binance. Tindakan ini menimbulkan perdebatan di komunitas kripto dan mempengaruhi harga TRX.

Setelah pemindahan besar-besaran ini, harga Tron (TRX) mengalami penurunan kecil sebesar 0,86% dan diperdagangkan pada 0,1232 Dolar AS (sekitar Rp2.021) dengan kapitalisasi pasar sebesar 10,7 miliar Dolar AS (sekitar Rp175 triliun). Meskipun terjadi penurunan besar di pasar altcoin selama seminggu terakhir, TRX mencatat kenaikan sebesar 6%, meninggalkan Avalanche (AVAX) dan Shiba Inu (SHIB) di belakang, menjadi aset kripto terbesar ke-11 berdasarkan kapitalisasi pasar.

BACA JUGA:


Dilansir dari Coin Speaker, dalam sebuah unggahan di X pada 26 Juni, firma analitik kripto IntoTheBlock melaporkan peningkatan konsisten dalam jumlah alamat aktif di jaringan TronDAO sejak awal tahun. Rata-rata harian alamat aktif kini mendekati 2,5 juta, jauh melampaui jaringan Layer 1 lainnya. Peningkatan ini menunjukkan adopsi dan penggunaan jaringan TronDAO yang semakin besar.

Pada kerangka waktu harian, harga TRX menunjukkan prospek bullish. Di grafik teknis, TRX berada di ambang menyelesaikan bahu kanan dari pola inverse head and shoulders, dengan neckline pola ini di 0,13 Dolar AS (sekitar Rp2.132). Breakout dari neckline ini akan mengonfirmasi momentum naik, yang berpotensi mencapai rekor tertinggi baru di 0,158 Dolar AS (sekitar Rp2.590).

Prospek bullish ini didukung oleh pembacaan RSI harian dan MACD. Kedua indikator menunjukkan divergensi bullish yang sejalan dengan pola ini. Selain itu, MACD telah bergerak ke wilayah positif, dan RSI mendekati angka 70.