Bagikan:

JAKARTA - Pada Jumat, 4 Agustus kerumunan besar orang datang ke Union Square di New York City untuk acara giveaway yang diadakan oleh dua pengaruh media sosial, streamer Twitch yang sangat populer, Kai Cenat, dan seorang streamer lainnya bernama Fanum. Cenat dan "beberapa orang lainnya" telah ditangkap, seperti dilaporkan oleh NBC 4.

Dalam salah satu konferensi pers setelah kejadian, Kepala Departemen Polisi New York (NYPD), Jeffrey Maddrey, menjawab pertanyaan tentang Cenat, mengatakan, "kami telah menangkapnya," tetapi tidak merinci di distrik mana. Menurut Maddrey, NYPD mengetahui postingan tentang acara tersebut sekitar pukul 1:30 sore waktu setempat sebelum postingan tersebut menjadi viral sekitar pukul 3 sore.

"Setelah beberapa orang dalam kerumunan berperilaku dengan kekerasan," kata Maddrey, polisi mengeluarkan Cenat dari taman sebelum akhirnya menyatakan bahwa pertemuan tersebut adalah pertemuan yang melanggar hukum.

Dalam konferensi pers kedua pada Jumat, Maddrey mengumumkan bahwa Cenat diperkirakan akan dijerat dengan "setidaknya dua tuduhan" atas penyebab kerusuhan dan pertemuan yang melanggar hukum. Pada saat itu, ia memberi tahu wartawan bahwa telah ada 65 penangkapan, termasuk 30 remaja, dan juga mencatat beberapa warga sipil dan petugas polisi yang dikirim ke rumah sakit setelah acara tersebut untuk mendapatkan perawatan karena cedera, termasuk setidaknya satu remaja yang terluka akibat kembang api dan beberapa orang yang mengalami patah tulang.

Beberapa kereta bawah tanah melewati Union Square karena kerumunan tersebut, tetapi akun Subway NYCT kemudian memposting bahwa kereta L kembali berhenti di sana.

Cenat adalah streamer dengan jumlah pelanggan terbanyak di Twitch, menurut TwitchTracker. Giveaway tersebut dijadwalkan akan berlangsung di Union Square Park pada pukul 4 sore waktu setempat (kami telah menghubungkan pengumuman giveaway tersebut di X, tetapi Cenat menghapus postingan tersebut), dan taman sudah penuh dengan orang sejak pukul 3 sore. Cenat mengunggah siaran hampir tiga menit di Twitch dalam kerumunan besar yang tidak menampilkan banyak detail.

Cenat dan Fanum terus mengunggah konten ke media sosial, membagikan dan menghapus gambar di cerita Instagram mereka, termasuk satu dengan teks, "Aku mencintai kalian semua sepenuh hati, kalian luar biasa, CINTA DARI HOME BASE ADALAH NYATA, Mohon tetap aman."

Sedikit sebelumnya, Cenat mengunggah video dari dalam kendaraan sebelum keluar, membicarakan beberapa unit PS5 yang akan dia berikan dalam giveaway sambil menunjukkan tumpukan besar kartu hadiah senilai 100 dolar AS (Rp1,5 juta). Video tersebut dengan cepat menjadi kacau ketika Cenat keluar dari kendaraan, dengan kerumunan langsung mendekatinya dan kelompoknya.