Amazon Sidewalk: Jaringan IoT Low-Power, Low-Bandwidth, dan Long-Range Jangkau 90% Populasi AS
Amazon mengungkapkan jaringan IoT Sidewalk-nya yang rendah daya, jangkauan jauh, dan lebar menjangkau lebih dari 90% populasi Amerika Serikat. (foto: twitter @awscloud)

Bagikan:

JAKARTA - Amazon mengungkapkan jaringan IoT Sidewalk-nya yang rendah daya, jangkauan jauh, dan lebar menjangkau lebih dari 90% populasi Amerika Serikat. Jaringan Sidewalk ini tidak dirancang untuk menggantikan data seluler untuk perangkat yang membutuhkan lebar pita tinggi, tetapi untuk menggantikan konektivitas LTE atau 5G yang mahal pada perangkat yang tidak membutuhkan banyak data.

Saat ini, Sidewalk digunakan terutama untuk membantu kamera Ring mengirimkan notifikasi gerakan bahkan ketika offline dan memungkinkan kunci pintar Level terhubung ke internet tanpa perlu menggunakan Wi-Fi yang boros daya.

Amazon telah mengembangkan beberapa kemitraan awal, termasuk dengan CareBand, yang mengembangkan pelacak kesehatan yang dapat dipakai. Sekarang, Amazon ingin orang lain membangun perangkat yang menggunakan jaringan gratis ini.

Yang perlu dilakukan hanyalah meminta kit tes - perangkat nirkabel kecil berwarna abu-abu dengan merek Ring - dan menilai apakah konektivitas di area yang ingin Anda gunakan cukup memadai, dan Anda dapat mulai membangun.

Sidewalk dapat digunakan untuk perangkat IoT konsumen, seperti pelacak anjing, pelacak paket, sensor kelembaban tanah, stasiun cuaca, sensor kebocoran, kotak surat, botol pil, pengontrol panel surya, dan lain-lain yang tidak selalu memiliki koneksi Wi-Fi.

Namun, keuntungan utama dari Sidewalk mungkin akan berasal dari cakupan dinamis yang ditawarkannya. Selain itu, Sidewalk juga dapat membantu menghubungkan smart home dan smart city. Walau ada banyak keuntungan, keamanan menjadi perhatian utama terkait data pengguna yang dikirim melalui jaringan ini.