Bagikan:

YOGYAKARTA – Daftar mobil listrik yang dipasarkan ke Indonesia menarik untuk disimak mengingat popularitas mobil listrik di Tanah Air semakin nampak ke permukaan.

Pemerintah berkomitmen mendorong pertumbuhan industri kendaraan listrik atau electric vehicle (EV). Komitmen itu diwujudkan dalam penerbitan Intruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022. Dalam intruksi tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua instansi pemerintah untuk mengganti mobil dinas menjadi mobil listrik.

Menurut Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, penerbitan Inpres ini merupakan wujud komitmen Jokowi dalam menerapkan transisi energi dari sumber fosil ke energi baru dan terbarukan.

“Untuk mewujudkan desain besar transisi energi, pemerintah memulainya dengan melakukan transisi dan konversi kendaraan konvensional ke kendaraan listrik," kata Moeldoko, dikutip VOI dari Antara.

Mobil Listrik yang Dipasarkan ke Indonesia

Saat ini segmen mobil listrik di Indonesia semakin berkembang. Hal ini terlihat dari banyaknya model-model baru yang masuk di pasaran. Kendati pilihan modelnya tak sebanyak mobil konvensional, konsumen sudah mempunyai opsi yang cukup beragam.

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, berikut beberapa mobil listrik yang sudah dipasarkan di Indonesia beserta harga jualnya.

1. BMW iX

Mobil listrik yang diproduksi oleh BMW ini memiliki konsep sport activity vehicle. BMX iX memiliki bodi yang garang namun tetap bergaya dan mewah sebagaimana mobil BMW pada umumnya.

BMW iX menggunakan sistem penggerak xDrive 40 dan dijejali baterai Lithium-ion 76,6 kWh. Harga mobil istrik ini yakni Rp2,332 miliar.

Mobil listrik yang paling banyak menyedot perhatian publik di Tanah Air adalah duet Hyundai, Ioniq dan Kona Electric. Ini adalah merupakan mobil listrik termurah jika mau dibandingkan dengan merek mobil listrik lainnya yang dijual di Indonesia.

2. Hyundai Ioniq 5

Mobil ini cukup populer di Tanah Air karena desainnya unik dan fiturnya canggih. Hyundai Ioniq 5 merupakan suksesor dari generasi sebelumnya, yakni Ioniq Electric.

Hyundai Ioniq 5 menyediakan dua pilihan baterai, yakni Standard Range yang dijejali baterai 58 kWh dan Long Range yang menggunakan baterai 72,6 kWH. Sementara tipe turunannya ada Prime dan Signature.

Untuk tipe Signature Standard Range diklaim mampu menempuh jarak hingga 365 km. Untuk tipe Prime Long Range 481 km.

Hyundai Ioniq 5
Hyundai Ioniq 5. (Antara). 

Adapun rincian harga Hyundai Ioniq 5 berdasarkan tipenya yakni:

  • Harga Hyundai IONIQ 5 Prime – Standard Range: Rp748.000.000
  • Harga Hyundai IONIQ 5 Prime – Long Range: Rp789.000.000
  • Harga Hyundai IONIQ 5 Signature – Standard Range: Rp809.000.000
  • Harga Hyundai IONIQ 5 Signature – long Range: Rp859.000.000

3. Wuling Air EV

Wuling belum lama ini merilis mobil listrik terbarunya yang diberi nama Wuling Air ev. Mobil ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Wuling menyediakan dua tipe untuk Wuling Air ev. Tipe pertama yakni Wuling Air ev Standard Range yang dijual dengan harga Rp238 juta. Sedangkan tipe kedua adalah Wuling Air ev Long Range yang dibanderol RP311 juta

Mobil listrik ini digerakkan dengan sumber daya menggunakan baterai Lithium Ferro-Phosphate. Kapasitas baterai sebesar 26.7 kWh / 115 V untuk tipe long range yang daya jelajah maksimalnya hingga 300 km. Sedangkan untuk tipe standar berkapasitas 17.3 kWh / 115 V dengan jarak tempuh maksimal 200 km.

4. Nissan Kicks e-Power

Mobil listrik ini mengusung teknologi e-Power, sebuah sistem elektrifikasi yang berbeda dengan model lainnya. Dalam sistem hybrid konvensional, roda-roda digerakkan oleh motor listrik dan mesin bensin. Akan tetapi, dalam sistem e-Power, mesin bensin tidak terhubung ke roda. Mesin bensin hanya berfungsi untuk mengisi baterai.

Nissan Kicks e-Power dijejali motor listrik EM57, generator dan inverter, serta mesin 1,2 liter DOHC 12-valve tiga silinder. Mobil ini menggunakan baterai lithium-ion dengan kapasitas 95 kWH. Nissan Kicks e-POWER dijual dengan harga Rp451 juta.

Demikianlah beberapa mobil listrik yang dipasarkan di Indonesia. Manakah yang paling menarik minat Anda?