Deretan Mobil Listrik di Indonesia, Lengkap dengan Kemampuan dan Harganya
Nissan Kicks e-POWER (asia.nissannews.com)

Bagikan:

JAKARTA - Meski pandemi COVID-19 belum berakhir, produsen otomotif dunia tak berhenti berinovasi dan bergerak memasarkan produknya. Salah satu produk yang ramai dibicarakan di Tanah Air saat ini adalah kendaraan ramah lingkungan. Ya, mobil listrik di Indonesia punya peminat yang banyak.

Jenis kendaraan ini juga sudah tersebar luas, baik yang full electric maupun berteknologi hybrid. Para pecinta otomotif tentu jadi makin penasaran dengan merek dan harganya. Berikut kami sajikan beberapa jenis mobil listrik yang bisa ditemukan di Indonesia.

Merek, jenis, dan harga mobil listrik di Indonesia

1. Hyundai Kona Electric

Pada awal Desember 2020, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) meluncurkan Hyundai Kona Electric. Mobil asal Korea Selatan ini mengandalkan motor listrik berkekuatan 118 Tk dan torsi 295 Nm.

Motor listriknya ditopang oleh baterai Li-Ion Polymer 38,3 kWh. Kendaraan ramah lingkungan ini diklaim memiliki kecepatan maksimal mencapai 155 km per jam. Pengecasan bisa dilakukan selama 9 jam untuk normal charging.

Jika mengusung fast charging, baterai akan terisi 80 persen setelah dicas selama 75 menit. Soal harga, Hyundai Kona Electric dijual Rp674,8 juta (OTR Jakarta).

2. Nissan Kicks e-POWER

Pada September 2020, PT Nissan Motor Indonesia merilis mobil hybrid pertamanya, yaitu Nissan Kicks e-POWER. Secara teknis, mobil ini lahir dengan mesin bensin 3-silinder 1.200 cc. Mesin itu ditopang oleh Lithium-ion dan motor listrik berkekuatan 126 Tk dan torsi 260 Nm.

Nissan Kicks e-POWER sebenarnya mobil listrik. Mesin konvensional yang ada pada mobil digunakan untuk mengisi daya baterai, jadi pemilik tak usah repot-repot charging eksternal. Mobil buatan Nissan ini dibanderol Rp449 juta (OTR Jakarta).

3. Toyota Corolla Cross Hybrid

Masih dengan mobil listrik di Indonesia dengan harga Rp400 jutaan, ada Toyota Corolla Cross Hybrid. PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan kendaraan ramah lingkungan ini pada 6 Agustus 2020. Namun, konsumen baru bisa mendapatkan unitnya pada Desember 2020.

All New Corolla Cross datang dengan dua varian yang punya transmisi continuosly variable transmission (CVT), yaitu All New Corolla Cross 1.8 versi Gasoline dan All New Corolla Cross HEV.

Mobil ini hadir dengan mesin 1.8L 2ZR-FE berbahan bakar bensin yang mampu mencapai kekuatan maksimal 138 Tk pada 6.400 rpm dan torsi 17,5 kgm pada 4.000 rpm. Soal harga, mobil versi bensin dibanderol Rp457,8 juta, sedangkan SUV ramah lingkungannya Rp497,8 juta.

4. Lexus UX300e

Lexus UX 300e dirilis pada November 2020. Mobil ini memiliki dapur pacu motor listrik berkapasitas 54,35 kWh dengan tenaga 201 Tk dan torsi 300 Nm. Daya jelajahnya bisa mencapai 300 km dalam satu kali pengisian daya.

Untuk mengisi baterai dari 0 hingga 100 persen, mobil ini butuh waktu hingga 24 jam pengecasan ketika menggunakan listrik rumah. Jika menggunakan AC wall charger hanya butuh 5-6 jam.

Sementara, jika dengan DC fast charging di SPKLU (stasiun pengisian kendaraan listrik umum) hanya butuh 50 menit. Mobil listrik ini dibanderol seharga Rp1,245 miliar dengan status CBU dari Jepang.

5. BMW i3s

Bisa dibilang bahwa mobil ini adalah pionir dari mobil listrik murni yang dijual secara resmi di Indonesia. BMW i3s pertama kali diluncurkan pada GIIAS 2019.

Mobil ini memiliki motor listrik dan baterai berdaya 42,2 kWh yang menghasilkan tenaga 184 Tk dengan torsi puncak 270 Nm. Harga yang ditawarkan mobil ini sangat tinggi, yaitu Rp1,340 miliar (OTR Jakarta).

6. Tesla Model S P1000D

Mobil listrik murni yang lain adalah kendaraan pabrikan Tesla, berjenis Tesla Model S P100D. Mobil buatan perusahaan teknologi ternama ini dibekali baterai Lithium-Ion berdaya 100 kWh untuk menunjang daya pacu 2 motor listrik.

Tesla Model S P100D bisa menghasilkan tenaga hingga 680 Tk dan torsi 1.073 Nm. Soal harga, mobil ini punya nominal paling menakjubkan dari kompetitor lain yang disebutkan sebelumnya, yaitu Rp 4,4 miliar.

[TULISAN SERI: Sengat Pesona Mobil Listrik]

*Selain daftar mobil listrik di Indonesia, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

 

BERNAS Lainnya