Meta Rilis Pembaruan Bagaimana Menggunakan Pembelajaran Mesin untuk Targetkan Iklan Facebook
Meta baru saja memperbarui alat transparansi iklan Facebook. (foto: dok. meta)

Bagikan:

JAKARTA - Meta baru saja memperbarui alat transparansi iklan Facebook, yang sekarang menyertakan informasi tentang cara mereka menggunakan pembelajaran mesin untuk menayangkan iklan.

Alat itu adalah "Mengapa saya melihat iklan ini?". Alat tersebut akan memberikan informasi tentang bagaimana aktivitas pengguna di dalam dan di luar platform untuk menginformasikan model pembelajaran mesin.

Selain itu, alat ini juga akan menyertakan contoh dan ilustrasi baru untuk menjelaskan bagaimana model menghubungkan berbagai topik untuk menampilkan iklan yang relevan.

"Informasi yang diringkas menjadi topik tentang bagaimana aktivitas Anda baik di dalam maupun di luar teknologi kami, seperti menyukai kiriman di halaman Facebook teman atau berinteraksi dengan situs web olahraga favorit Anda, dapat menginformasikan model pembelajaran mesin yang kami gunakan untuk membentuk dan menayangkan iklan yang Anda lihat," ungkap Direktur Privasi Iklan dan Monetisasi Global Meta, Pedro Pavón pada laman resmi perusahaan, dikutip Rabu, 15 Februari.

"Contoh dan ilustrasi baru yang menjelaskan bagaimana model pembelajaran mesin kami menghubungkan berbagai topik untuk menampilkan iklan yang relevan kepada Anda," imbuhnya.

Meta juga bekerja sama dengan pakar privasi eksternal dan pemangku kepentingan kebijakan dari seluruh dunia untuk mendapatkan masukan tentang perubahan transparansi yang ingin mereka lihat di sistem iklan perusahaan.

"Jawaban yang konsisten adalah bahwa kami harus meningkatkan transparansi tentang bagaimana model pembelajaran mesin kami berkontribusi pada iklan yang dilihat orang di layanan kami," ujat Pavón.

Dengan pembaruan ini, Meta memiliki tujuan untuk menggunakan model pembelajaran mesin secara bertanggung jawab.

"Kami bersikap transparan tentang cara menggunakan pembelajaran mesin, ini sangat penting karena memastikan bahwa orang-orang mengetahui bahwa teknologi ini adalah bagian dari sistem periklanan kami dan mereka mengetahui jenis informasi yang digunakannya," jelas Pavón.

Perubahan yang Meta buat pada “Mengapa saya melihat iklan ini?” mencerminkan umpan balik yang perusahaan terima dan dirancang untuk memberikan informasi yang jelas kepada orang-orang tentang model pembelajaran mesin yang membantu menentukan iklan yang mereka lihat.

"Fitur baru ini adalah langkah terbaru dalam evolusi berkelanjutan kami tentang "Mengapa saya melihat iklan ini?" Kami akan terus menyempurnakan penawaran transparansi iklan kami dan mencari cara baru untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada orang-orang tentang cara kami menggunakan data dan teknologi untuk menampilkan iklan kepada mereka," tutur Pavón.

Untuk melihat alat itu, pengguna dapat mengeklik menu tiga titik di pojok kanan atas iklan apa pun yang dilihat di Facebook Feeds dan membuka "Mengapa saya melihat iklan ini". Jika penjelasan dalam alat tersebut tidak jelas atau membingungkan, Meta ingin mendengarnya.

"Anda dapat menggunakan alat umpan balik di bagian bawah “Mengapa saya melihat iklan ini?” untuk memberi tahu kami tentang pengalaman Anda dan bagaimana kami dapat melakukan yang lebih baik. Seperti biasa, Anda tetap dapat menyembunyikan semua iklan dari pengiklan tertentu dan mengakses preferensi iklan Anda dari "Mengapa saya melihat iklan ini?" antarmuka," tutup Pavón.

Versi terbaru dari “Mengapa saya melihat iklan ini?” diluncurkan secara global untuk pengguna Facebook terlebih dahulu, dan ke depannya akan diperluas pada pengguna Instagram.