NASA Kerja Sama dengan Boeing untuk Kembangkan Pesawat Hemat Bahan untuk Kurangi Dampak Lingkungan
NASA bekerja sama dengan Boeing buat pesawat hemat bahan bakar untuk penggunaan komersial, (foto: twitter @NASA)

Bagikan:

JAKARTA - NASA pada Kamis 19 Januari mengumumkan akan bekerja sama dengan Boeing pada tipe baru pesawat satu lorong hemat bahan bakar untuk penggunaan komersial, dengan tujuan untuk mengurangi emisi bahan bakar dan mengurangi dampak iklim dari penerbangan.

“Sebagian besar dari Anda menganggap NASA sebagai badan antariksa dan sebagai badan penerbangan. Namun ini juga badan iklim, ”kata administrator NASA, Bill Nelson dalam konferensi pers yang dikutip The Verge.

NASA memantau Bumi dari luar angkasa, menggunakan alat seperti satelit untuk memantau kondisi cuaca global dan sistem air, dan mengembangkan teknologi untuk mengurangi emisi karbon.

Namun NASA juga mengembangkan pesawat, seperti pesawat listrik X-57 Maxwell dan pesawat angkut Super Guppy. Ini termasuk mengembangkan teknologi penerbangan yang pada akhirnya mengarah ke jenis pesawat komersial yang kebanyakan kita gunakan saat ini.

“Saat Anda terbang dengan pesawat apa pun, Anda dikelilingi oleh teknologi NASA,” kata Nelson. Perkembangan dalam desain pesawat terbang seperti winglet, perpanjangan sayap vertikal kecil, diciptakan oleh NASA pada tahun 1970-an dan sekarang ada di mana-mana pada pesawat penumpang.

Badan tersebut berharap proyek Demonstrasi Penerbangan Berkelanjutan dapat memberikan inovasi serupa dalam bentuk struktur sayap baru yang disebut sayap penopang rangka transonik. Inovasi akan bekerja dengan Boeing untuk merancang dan membangun pesawat baru, yang harus lebih hemat bahan bakar dan dapat menggunakan bahan bakar hingga 30 persen lebih sedikit daripada desain pesawat saat ini.

Konsepnya adalah pesawat terbang dengan mesin dan sayap yang lebih efisien yang duduk tinggi di badan pesawat dan lebih panjang dan tidak terlalu lebar, didukung oleh penyangga yang berasal dari bagian bawah badan. Konsep ini menciptakan lebih sedikit hambatan, sementara sayap dan penyangga memberikan daya angkat.

“Aerodinamika konfigurasi semacam ini sebenarnya sudah dikenal sejak lama,” kata Bob Pearce, administrator asosiasi Direktorat Misi Riset Penerbangan NASA. “Jika Anda meningkatkan rasio aspek sayap, Anda secara alami akan menurunkan tarikan yang diinduksi dari pesawat itu, tarikan karena gaya angkat. Kami tahu bahwa jika kami melakukan ini, Anda mendapatkan aerodinamika yang lebih baik, Anda mendapatkan lebih sedikit hambatan, Anda membakar lebih sedikit bahan bakar.

Tantangannya, dalam hal ini, adalah menciptakan struktur yang diperlukan untuk bentuk sayap ini tanpa menambah bobot terlalu banyak pada pesawat. Boeing meluncurkan versi pertama dari konsep ini pada tahun 2019, tetapi akan memakan waktu beberapa tahun untuk mengintegrasikan teknologi lain dan beralih dari demonstrasi menjadi dapat digunakan secara praktis.

Idenya adalah, tidak seperti pesawat supersonik X-59 QueSST NASA yang tenang, yang saat ini juga sedang dikembangkan tetapi tidak akan pernah membawa penumpang, karena ini tidak hanya menjadi pesawat eksperimental.

Sebaliknya, NASA ingin mengembangkan teknologi yang dapat digunakan secara komersial. “Proyek ini bertujuan untuk merevolusi jenis pesawat yang paling sering digunakan publik saat terbang ke langit,” kata Nelson.

NASA membuat target untuk menerbangkan prototipe pertama pada tahun 2028 dan untuk digunakan secara komersial pada tahun 2030-an.