ADA Geser Posisi DOGE dari Posisi 8 Kripto Berdasarkan Kapitalisasi Pasar
ADA lampaui DOGE. (Foto; Dok. News Bitcoin)

Bagikan:

JAKARTA - Platform smart-contract Cardano (ADA) kini memiliki kapitalisasi pasar yang lebih besar dari mata uang kripto yang terinspirasi oleh meme populer Dogecoin (DOGE). ADA saat ini menempati posisi kedelapan dalam kapitalisasi pasar dengan nilai 12,09 miliar dolar AS.

ADA mengalami kenaikan harga sebesar 8 persen dalam 7 hari terakhir dan 31 persen dalam 30 hari terakhir. Sedangkan Dogecoin menempati posisi kesembilan dalam kapitalisasi pasar dengan nilai 11,16 miliar dolar AS. Performa harga DOGE jauh di bawah Cardano.

(Dok. CoinMarketCap)

Menurut data dari perusahaan data on-chain IntoTheBlock, 57 persen alamat yang memiliki Dogecoin berada dalam kondisi in-the-money, yaitu membeli token DOGE di bawah harga pasar saat ini. Sementara itu, 41 persen pemegang DOGE berada dalam kondisi out-of-the-money, yaitu membeli DOGE di atas harga pasar saat ini.

Harga Cardano telah pulih tahun ini dari penurunan terbesar kedua. Menurut Laporan Aset terbaru CryptoCompare, token asli platform smart-contract ini mengakhiri tahun ini sekitar 0,25 dolar AS setelah kehilangan 81,2 persen nilainya selama 12 bulan. Kerugian tersebut menandai penarikan terbesar kedua dalam sejarah Cardano.

Input Output Global (IOG), perusahaan yang bertanggung jawab atas penelitian dan pengembangan Cardano, baru-baru ini mengumumkan peluncuran perangkat lunak toolkit akhir bulan ini yang memungkinkan pengembang untuk menggunakan sidechain yang dibuat khusus di jaringan Cardano sebagaimana dilansir CryptoGlobe.

Langkah ini diatur untuk meningkatkan ekosistem keseluruhan blockchain Cardano, karena IOG mencatat bahwa "solusi yang dibuat khusus sangat penting bagi komunitas untuk memenuhi kebutuhan sosial dan teknis yang unik," dengan sidechain Cardano sebagai "solusi khusus" yang dapat dibangun oleh "komunitas berdaulat" di atas jaringan induk yang aman dan dapat dioperasikan seperti Cardano.