Begini Cara Agar Password Wi-Fi Anda Tak Dicuri Tetangga!
Ilustrasi Photo Wi-Fi (Brett Jordan / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Menggunkan jaringan Wi-Fi menjadi solusi agar Anda dapat berselancar di Internet maupun streaming video tanpa gangguan. Tetapi, acapkali password Wi-Fi Anda dengan mudah dicuri orang tak dikenal atau tetangga. Tentu, ini cukup menyebalkan.

Keuntungan menggunakan Wi-Fi Anda dapat menghubungkan beberapa perangkat secara bersamaan dengan masuk ke jaringan nirkabel.

Sayangnya, perangkat lain dalam jangkauan sinyal dapat dengan mudah melihat jaringan Anda, dan itu membuka segala macam risiko privasi dan keamanan, di mana tetangga Anda dapat dengan mudah mencuri Wi-Fi Anda, atau peretas memasuki jaringan Anda dan mencuri informasi penting.

Menyembunyikan nama jaringan Wi-Fi Anda (atau SSID) adalah salah satu solusinya. Ini akan membuat jaringan Anda secara efektif tidak terlihat oleh perangkat terdekat, yang akan mengurangi kemungkinan penyusup membahayakan keamanan Anda.

Nah, berikut di bawah ini tentang cara menyembunyikan nama jaringan Wi-Fi Anda, dikutip dari Slashgear, Rabu, 18 Januari.

Cara Menyembunyikan Nama Jaringan Wi-Fi Anda

1. Masuk ke panel admin router Anda, kemudian masukkan alamat IP-nya ke bilah alamat browser Anda.

2. Untuk sebagian besar perute, alamat default adalah 192.168.0.1 atau 192.168.1.1, atau yang serupa. Jika Anda tidak dapat menemukan alamat khusus perute, lihat manual atau situs web pabrikan.

3. Selanjutnya, buka Pengaturan Wi-Fi. Jika ada sub-bagian, cari Opsi Nirkabel atau Pengaturan Dasar, dan lainnya.

4. Cari opsi untuk menonaktifkan siaran nama jaringan atau SSID Anda. Kemungkinan nama untuk setelan tersebut adalah Status Visibilitas, Aktifkan Nirkabel Tersembunyi, Sembunyikan SSID, atau yang serupa.

5. Centang kotak atau alihkan sakelar untuk menonaktifkan siaran SSID Anda, lalu simpan perubahan Anda. Router Anda mungkin akan memuat ulang.

6. Jaringan nirkabel Anda akan disembunyikan nantinya, tetapi Anda harus memasukkan semua detail jaringan secara manual saat menghubungkan perangkat baru mulai sekarang.