Gim Seluler Terlaris di Asia Tenggara pada Periode Desember 2022
Data gim seluler terlaris bulan Desember di Asia Tenggara (foto: Sensor Tower)

Bagikan:

JAKARTA - Berdasarkan penyampaian oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kemkominfo RI Samuel Abrijani dalam konferensi pers online IDGX 2022, gim seluler kini menjadi gim yang mendominasi, khususnya di Indonesia. 

Per bulan Desember 2022 kemarin, Sensor Tower mencatat bahwa Mobile Legends: Bang Bang dari Moonton adalah gim seluler terlaris pertama di Asia Tenggara dengan pengeluaran pemain hampir 13,2 juta dolar AS (Rp198 miliar). Jumlah ini meningkat 1,5 persen dari tahun ke tahun. 

Lebih lanjut, data menyebutkan bahwa 35,8 persen pendapatan Mobile Legends: Bang Bang di Asia Tenggara berasal dari pemain yang berada di Indonesia, yang kemudian diikuti oleh Malaysia 25,1 persen, dan Filipina 20,8 persen. 

Gim seluler dengan penghasilan tertinggi kedua adalah Garena Free Fire (termasuk Garena Free Fire MAX) dengan total pengeluaran pengguna hampir 7,9 juta dolar AS (Rp118 miliar). 

Sebanyak hampir setengahnya (42,1 persen) pendapatan Garena Free Fire di Asia Tenggara diperoleh dari pemain di Thailand, yang selanjutnya disusul oleh pemain Indonesia dengan 32,2 persen, dan Malaysia 15,7 persen. 

Gim mobile terlaris berikutnya adalah Genshin Impact dari COGONOSPHERE, Roblox dan Honor of Kings dari Tencent yang secara berurutan menempati posisi 3, 4, dan 5 dari daftar gim seluler terlaris di Asia Tenggara periode Desember 2022.

Secara keseluruhan, pasar gim seluler Asia Tenggara menghasilkan sekitar 218 juta dolar AS (Rp3,28 triliun) dari pengeluaran pemain di App Store dan Google Play pada Desember 2022, menandai penurunan sekitar 1 persen dari tahun ke tahun. 

Pasar No.1 untuk pendapatan Asia Tenggara pada Desember 2022 adalah Thailand, yang menghasilkan 49 juta dolar AS (Rp737 miliar), atau 22,6 persen dari total belanja pemain di Asia Tenggara. Kemudian di posisi kedua ada Indonesia dengan 17,9 persen, diikuti Singapura sebesar 17,8 persen.