Bagikan:

YOGYAKARTA - Di era teknologi yang terus berkembang ini, tujuan penggunaan ponsel pun berubah. Sebelumnya satu-satunya tujuan membeli ponsel adalah komunikasi, namun kini transformasi feature phone ke smartphone telah membuka pilihan baru bagi pengguna untuk membeli perangkat. Sekarang orang lebih tertarik pada desain, kamera, ruang dan lain-lain daripada hanya menelepon. Yuk kita cari tahu OLED vs AMOLED mana yang lebih bagus?

Smartphone telah menjadi kebutuhan dasar hidup kita dan telah menjadi komputer mini yang selalu bersama kita setiap saat. Sekarang ia melakukan banyak fungsi hanya dengan satu ketukan jari. Dengan reformasi teknologi yang berkembang, kami menemukan fitur baru dalam hal desain di smartphone mana pun. Layar AMOLED, OLED, dan POLED umumnya sedang dalam pembicaraan saat ini. Ini adalah tiga teknologi tampilan LED dasar yang tersedia saat ini dan banyak orang penasaran untuk mengetahui perbedaan di antara AMOLeD dan OLED

OLED vs AMOLED  Mana yang Lebih Baik?

(Gambar  Ben White - Unsplash)
(Gambar Ben White - Unsplash)

Apa itu tampilan OLED?

Itu singkatan dari Natural Light-Emitting Diode, sejenis teknik LED yang memanfaatkan LED di mana cahayanya adalah molekul organik yang menyebabkan LED bersinar lebih terang. LED organik ini digunakan untuk membuat apa yang dianggap sebagai panel tampilan terbaik di dunia.

Saat Anda membuat layar OLED, Anda meletakkan film organik di antara dua konduktor untuk membuatnya. Hasilnya, cahaya terang keluar saat listrik digunakan—desain sederhana dengan banyak keunggulan dibandingkan cara lain untuk menunjukkan sesuatu.

OLED dapat digunakan untuk membuat tampilan memancarkan, yang berarti bahwa setiap piksel dapat dikontrol dan memancarkan cahayanya sendiri. Hasilnya, layar OLED memiliki kualitas gambar yang sangat baik. Mereka memiliki warna-warna cerah, gerakan cepat, dan yang paling penting, kontras yang sangat tinggi. Yang terpenting, orang kulit hitam "asli" adalah yang paling penting. Desain OLED yang sederhana juga memudahkan pembuatan tampilan fleksibel yang dapat ditekuk dan bergerak.

Apa itu tampilan AMOLED?

AMOLED tidak membatasi ukuran layar. Konsumsi daya AMOLED jauh lebih sedikit daripada teknologi layar lainnya. AMOLED memberikan kinerja yang luar biasa. Ini lebih tipis, lebih ringan, dan lebih fleksibel daripada teknologi tampilan lainnya seperti teknologi LED atau LCD.

Layar AMOLED banyak digunakan di ponsel, laptop, dan televisi karena menawarkan kinerja yang sangat baik. Oleh karena itu, SAMSUNG telah memperkenalkan layar AMOLED di hampir setiap produknya. Misalnya, Super AMOLED Full HD di Samsung Galaxy S4 dan Samsung Galaxy Note 3, Super AMOLED di Samsung Galaxy S3, Super AMOLED HD di Samsung Galaxy Note, dan HD Super AMOLED Plus di Samsung Galaxy S3. Selain itu, ini juga digunakan dalam AMOLED vs OLED untuk membuat yang berikut:

  • Jam tangan pintar
  • Tablet
  • Pemutar musik portabel
  • Konsol game
  • Perangkat keras produksi musik
  • Kamera digital

Perbedaan antara Teknologi Layar AMOLED vs OLED

Teknologi – OLED vs AMOLED 

OLED terdiri dari lapisan tipis komponen organik, yang memancarkan cahaya saat arus melewatinya. Dalam teknologi ini, setiap piksel mentransmisikan cahayanya sendiri. Di sisi lain, AMOLED terdiri dari lapisan tambahan transistor film tipis (TFT). Di AMOLED, kapasitor penyimpanan digunakan untuk mempertahankan status piksel.

Dengan berbagai teknologi, yang pertama datang adalah OLED.

Meskipun teknologinya berbeda di antara berbagai pabrikan, layar AMOLED tepi Samsung menggunakan substrat plastik dengan teknologi TFT poli-Si yang mirip dengan cara LG menggunakannya dalam teknologi POLED mereka. Teknologi inilah yang memungkinkan untuk membangun tampilan melengkung menggunakan panel OLED matriks aktif.

Tampilan – OLED vs AMOLED 

Tampilan OLED jauh lebih hitam dibandingkan dengan tampilan AMOLED. Anda tidak dapat melihat layar dalam tampilan AMOLED di bawah sinar matahari langsung. Kualitas layar AMOLED jauh lebih baik daripada OLED karena mengandung lapisan TFT tambahan dan mengikuti teknologi backplane.

Layar AMOLED jauh lebih fleksibel dibandingkan dengan layar OLED. Karenanya, harganya jauh lebih mahal daripada layar OLED.

Bekerja – OLED vs AMOLED 

Perangkat OLED adalah perangkat solid-state sederhana yang terdiri dari lapisan tipis senyawa organik dalam lapisan electroluminescent emisif tempat listrik dihasilkan.

Senyawa organik ini hadir di antara lapisan pelindung kaca atau plastik. Sebagai perbandingan, AMOLED terdiri dari matriks aktif piksel OLED bersama dengan lapisan tambahan TFT. Lapisan ekstra ini bertanggung jawab untuk mengontrol aliran arus di setiap piksel.

Rasio Kontras – OLED vs AMOLED 

Layar OLED menawarkan kontrol tingkat tinggi atas piksel. Oleh karena itu, dapat dimatikan sepenuhnya, menghasilkan rasio kontras yang sangat baik dibandingkan dengan layar AMOLED dan konsumsi daya yang lebih sedikit. Di sisi lain, AMOLED memiliki kecepatan refresh yang lebih cepat daripada OLED. Selain itu, mereka menawarkan rasio kontras buatan yang luar biasa karena setiap piksel mentransmisikan cahaya tetapi mengonsumsi lebih banyak daya daripada OLED.

Ukuran layar – OLED vs AMOLED 

Tampilan OLED relatif lebih tipis dibandingkan dengan LCD. Oleh karena itu, ini memberikan presentasi yang lebih efisien dan cerah. Selain itu, OLED menawarkan dukungan untuk ukuran layar yang besar dibandingkan dengan LCD tradisional. AMOLED menghilangkan batasan ukuran tampilan. seseorang dapat memasukkannya ke dalam ukuran tampilan apa pun.

Menempatkan semua poin yang disebutkan di atas, perbedaan utama untuk dipahami dengan tepat adalah bahwa POLED adalah layar OLED dengan substrat plastik. Di sisi lain, AMOLED adalah sebutan Samsung untuk teknologi tampilannya yang terutama untuk pemasaran. Oleh karena itu, sebagian besar produsen ponsel yang memiliki layar AMOLED berarti mereka menggunakan layar Samsung. Sesederhana itu. Selain itu, semua teknologi layar melengkung dimungkinkan karena penggunaan substrat plastik.

Jadi, berdasarkan poin-poin yang disebutkan di atas, perbedaan antara layar OLED dan AMOLED, Anda dapat memilih salah satu dari dua teknologi layar tersebut sesuai keinginan Anda. Keduanya bagus, menawarkan kinerja luar biasa, dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Layar AMOLED memiliki kualitas yang lebih tinggi daripada OLED karena memiliki lapisan TT tambahan dan menggunakan teknologi backplane. Jika dibandingkan dengan layar OLED, layar AMOLED jauh lebih fleksibel. Akibatnya, harganya jauh lebih mahal daripada layar OLED.

Kesimpulan dalam OLED vs AMOLED

Tampilan smartphone telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, lebih dari yang disadari kebanyakan orang di era teknologi ini. Layar tampilan mirip dengan jendela di dunia seluler, yang telah mengalami transformasi luar biasa dalam produk-produk inovatif dalam beberapa tahun terakhir. Orang menjadi lebih selektif saat membeli telepon dalam beberapa tahun terakhir, dan meskipun semua fungsinya penting, tampilan selalu yang paling terlihat.

Pabrikan ponsel pintar besar berupaya memberi konsumen mereka perangkat yang paling rumit yang menggabungkan teknologi paling mutakhir. Di AMOLED vs OLED, AMOLED adalah jenis OLED dan contoh yang lebih menonjol dari OLED dan POLED, jadi tidak ada perdebatan tentang mana yang lebih unggul.

Jadi setelah mengetahui OLED vs AMOLED, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!