Catat! Ini Tiga Ponsel Android Terbaik di Tahun 2024
Tiga ponsel Android terbaik (foto: dok. Samsung)

Bagikan:

JAKARTA – Ponsel Android merupakan salah satu perangkat pintar yang selalui diperbarui setiap tahunnya. Merek dengan sistem ini cukup beragam sehingga masyarakat sering dilanda kesulitan dalam memilih.

Ada beberapa ponsel yang cukup unggul di awal tahun ini. Perangkat ini pun cukup beragam, ada yang diluncurkan tahun ini dan ada yang tahun lalu. Berikut ini merupakan tiga ponsel Android terbaik, dikutip dari Makeuseof.

Samsung Galaxy S24 Ultra

Tidak lain dan tidak bukan adalah produk terbaru keluaran Samsung. Performa dari ponsel pintar ini sudah tidak diragukan lagi. Jika sebelumnya masyarakat mengincar Samsung karena kamera, sekarang mereka penasaran dengan Galaxy AI.

Galaxy S24 Ultra merupakan seri yang lebih baik dari generasi sebelumnya, yaitu S23 Ultra. Ponsel ini menggunakan prosesor Snapdragon 8 Gen 3 yang dirilis akhir tahun lalu oleh Qualcomm. Perangkat ini dilengkapi dengan RAM 12GB.

Puncak kecerahan ponsel ini mencapai 2.600 nit sehingga layarnya akan sangat jelas meski dilihat di luar ruangan. Layarnya sudah mendukung AMOLED 6,8 inci karena menggunakan in-sensor display fingerprint dan kontras warnanya cukup mengagumkan.

Perangkat ini dilengkapi kamera utama 200MP, lensa telephoto 5 kali lipat, dan resolusinya 50 MP. Pengambilan videonya  sudah mendukung 8K sehingga hasil gambar atau rekaman yang diperoleh jauh lebih tajam dibandingkan perangkat Android lainnya.

Google Pixel 8 Pro

Ponsel terbaik dengan tenaga Android berikutnya adalah Pixel 8 Pro buatan Google. Ada empat kamera yang ditawarkan di perangkat ini, yaitu lensa utama 50MP dengan zoom optik hingga dua kali lipat dan telephoto 48MP dengan zoom optik lima kali lipat.

Pixel 8 Pro juga memiliki kamera selfie 10,5MP yang sudah dihiasi autofocus deteksi fase. Ponsel ini bisa memotret dengan mudah. Menariknya, Pixel 8 Pro menghadirkan pengaturan manual yang bisa dikontrol, seperti ISO dan kontrol shutter speed.

Perangkat ini juga ditenagai oleh Kecerdasan Buatan (AI) dengan fitur Magic Editor dan Circle to Search, fitur yang juga muncul di Galaxy S24 series. Dari segi kecerahan, perangkat ini hampir menyesuaikan Samsung dengan 2.400 nits.

Sayangnya, Pixel 8 Pro tidak menggunakan layar AMOLED. Google lebih memilih layar OLED agar tampilan warnanya jauh lebih terang, berkualitas tinggi, dan akurat. Namun, tidak bisa diabaikan bahwa AMOLED jauh lebih baik dibandingkan layar OLED.

Terlepas dari layarnya, Pixel 8 Pro memiliki refresh rate 120Hz. Kapasitas untuk ponsel ini cukup beragam, mulai dari 128GB, 256GB, hingga 512GB. Sayangnya, fitur ini tidak dipasarkan secara resmi di Indonesia.

OnePlus 12

Pada akhir tahun lalu, OnePlus 12 resmi diluncurkan di China. Perangkat ini mulai dipasarkan secara global pada akhir Januari lalu. Meski OnePlus merupakan saudara dari OPPO dan Realme, masih belum banyak yang tahu mengenai perangkat ini.

OnePlus 12 mampu mengalahkan kecerahan di perangkat Galaxy S24 Ultra dengan 4.500 nits sehingga resolusinya pun sangat baik. Meski layarnya sangat cerah, tingkat keterangan ini masih bisa dikontrol dan sangat berguna saat cuaca terik.

Sama seperti Google Pixel, layar OnePlus masih menggunakan OLED dengan luas 6,82 inci. Perangkat ini memiliki baterai 5.400mAh dan mendukung pengisian daya SuperVOOC 100W atau 80W di Amerika Serikat, cukup unggul di pasar ponsel pintar.

OnePlus menggunakan kamera utama 50MP dan telephoto 64MP. Zoom optik untuk kameranya mencapai tiga kali lipat, sementara resolusi kamera depannya mencapai 32MP. Resolusi ini sangat membantu para penggunanya yang suka mengambil foto selfie.