Mengenal HP Layar OLED dan Beberapa Ponsel yang Masih Layak Dipakai Tahun 2023
Ilustrasi ponsel layar OLED (foto: Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – HP layar OLED masih jadi pilihan yang layak di tahun 2023. Meski saat ini teknologi layar ponsel mulai banyak menggunakan AMOLED, HP dengan layar OLED masih bisa bersaing di pasaran. Ada banyak rekomendasi ponsel berlayar OLED yang di tahun 2023 ini bisa jadi pilihan.

Mengenal HP Layar OLED

Secara sederhana, OLED atau Organic Light Emitting Diode adalah teknologi layar yang terdiri dari lapisan tipis electroluminescent yang mampu memancarkan cahaya sendiri saat teraliri listrik. Kondisi tersebut membuat layar OLEH tak butuh backlight untuk terlihat terang dan gambar yang ditampilkan akan lebih baik.

Layar OLED tak hanya dipakai pada monitor atau televisi namun juga pada ponsel. Dengan demikian tampilan gambar pada ponsel bisa mengimbangi tampilan gambar pada layar besar.

Layar OLED berbeda dengan layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) meski teknologi AMOLED dikembangkan dari OLED. Salah satu perbedaan OLED dan AMOLED salah satunya dari penggunaan strip thin-film transistors (TFT) yang ada di tiap pikselnya. TFT pada AMOLED akan mempercepat listrik bergerak lebih cepat sehingga piksel yang ada pada AMOLED aktif lebih cepat dibanding OLED.

Layar OLED pada ponsel memiliki beberapa kelebihan yakni sebagai berikut.

  1. Warna gelap pada layar lebih pekat
  2. Berukuran tipis dan bobotnya ringan
  3. Sangat hemat energi sehingga standby ponsel bisa lebih lama
  4. Cahaya tidak bocor
  5. Tidak butuh lampu background
  6. Gambar yang dihasikan lebih menarik dan tajam

Sedangkan kekurangan layar OLED adalah sebagai berikut.

  1. Umur layar OLED lebih pendek dibanding jenis layar lain
  2. Kualitas gambar yang dihasilkan dari layar OLED akan menurut saat di bawah paparan cahaya matahari
  3. Lebih rentan air
  4. Harga produksi mahal yang berimbas pada harga ponsel yang mengusung layar tersebut

HP Layar OLED

Saat ini memang ada banyak ponsel baru yang menggunakan layar AMOLED, namun bukan berarti ponsel berlayar OLED ketinggalan. Anda bisa menjadikan beberapa ponsel berlayar OLED berikut ini sebagai ponsel sehari-hari. Adapun HP layar OLED yang bisa dipilih adalah sebagai berikut.

  1. Apple iPhone 11 Pro Max

Apple iPhone 11 Pro Max dirilis pada tahun 2019 dan masih sangat layak digunakan di tahun 2023. Ponsel ini menggunakan layar OLED Multi-Touch 6,5 inci (diagonal) dengan perbandingan rasio kontras 2.000.000:1. Saat ini harga pasaran Apple iPhone 11 Pro Max di Indonesia kurang lebih sekitar Rp10 juta.

  1. SONY Xperia 5 II

Ponsel SONY Xperia 5 II memiliki kemampuan visual yang sangat smooth di mata. Ponsel ini diluncurkan sekitar bulan September 2020 namun masih sangat layak dipakai di tahun 2023. Xperia 5 II menggunakan layar OLED dengan diagonal 6,1 inci (1.080 x 2.520 piksel) dengan refresh rate hingga 120 Hz. Layar yang ditanamkan pada ponsel ini memiliki proteksi Gorilla Glass 6 dengan aspect ratio 21:9. Harga SONY Xperia 5 II kurang lebih Rp13 juta.  

Itulah informasi terkait HP layar OLED. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.