4 Jenis Tempered Glass HP Berdasarkan Kegunaannya
Ilustrasi tempered glass yang terpasang di HP (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Saat ini penggunaan tempered glass pada ponsel jadi hal biasa. Penggunaan tempered glass dilakukan untuk melindungi HP agar tidak tergores atau retak ketika terbentur dengan benda keras. Di luar dari kegunaannya, ada banyak jenis tempered glass HP yang kini tersedia di pasaran.

Tempered glass  terbuat dari kaca dengan ketebalan yang beragam. Sesuai dengan fungsinya, tempered glass akan ditempelkan di bagian layar ponsel. Proses penempelannya  tidak boleh sembarangan agar ukurannya tetap pas dengan layar HP dan tidak ada gelembung udara yang terjebak saat menempelkan tempered glass.

Jenis Tempered Glass HP

Di pasaran ada beberapa jenis tempered glass yang memiliki fungsi masing-masing sehingga pengguna dapat memilih tempered glass sesuai fungsi yang diinginkan. Jenis tempered glass adalah sebagai berikut.

  1. Tempered Glass 5D

Tempered glass jenis ini cukup populer di kalangan masyarakat. Fungsi dari tempered glass 5D adalah untuk melindungi layar ponsel dari gesekan dan goresan, benturan, hingga debu. Saat ponsel dipasang tempered glass jenis ini maka tampilan layar akan terus jernih dan mengkilat hingga terkesan ponsel baru.

Kode 5D  merujuk pada kode produk tempered glass yang artinya produk tersebut punya sudut yang melengkung sehingga dapat digunakan pada layar ponsel dengan sudut melengkung.

  1. Tempered Glass Anti Glare

Seperti namanya, tempered glass anti glare diperuntukkan bagi Anda yang ingin mengurangi kesilauan di layar ponsel. Tempered glass cocok untuk pemilik mata yang sensitif terhadap cahaya. Selain itu tempered glass anti glare juga banyak dicari oleh pengguna yang harus menggunakan HP meski kondisi tubuhnya berkeringat seperti atlet atau pekerja lapangan.

Selain mengurangi pantulan cahaya di layar HP, kelebihan tempered glass anti glare adalah lebih tahan terhadap minyak dan debu.

  1. Tempered Glass Anti Spy

Jika Anda tak ingin berurusan dengan pengintip, tempered glass anti spy tampaknya cocok untuk dipilih. Seperti namanya, tempered glass ini akan memberikan privasi yang lebih banyak terhadap pengguna ponsel karena orang yang ada di sampingmu tidak akan bisa melihat aktivitas apa yang tengah Anda lakukan di smartphone.

Selain itu tempered glass ini juga mampu mengurangi bercak sidik jari penggunanya. Meski demikian cahaya yang terpancar dari ponsel tidak akan berkurang sehingga visibilitas tetap terjaga.

  1. Tempered Glass Blue Light

Tempered glass ini akan membantu mengurangi blue light yang terpancar dari layar oled ponsel sehingga mata tidak mudah lelah. Tempered glass ini sangat cocok untuk Anda yang bekerja dengan menatap layar ponsel seharian. Meski mengurangi blue light, tempered glass tak akan mengurangi tingkat keterangan ponsel.

Itulah informasi terkait jenis tempered glass HP. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.