Populer Lagi, Ini Rekomendasi HP Lipat Jadul yang Bisa Jadi Koleksi Unik
Ilustrasi HP jadul (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – HP lipat jadul kembali dilirik oleh Gen Z. Trend ponsel unik tersebut kembali muncul setelah beberapa pengguna media sosial TikTok membuat video yang memperlihatkan unboxing ponsel lipat.

Trend HP Lipat Jadul

Salah satu influencer yang ikut meramaikan trend HP jadul adalah musisi Camila Cabello. Lewat video yang ia unggah di media sosialnya, Camilia Cabello terlihat menggunakan ponsel lipat bermerek TCL dan sempat mengambil beberapa gaya sambil memegang ponsel jadul dan mengunggahnya di akun Twitter pribadi, @Camila_Cabello.

Hal serupa juga dilakukan oleh aktris Dove Cameron yang nampak menggunakan ponsel lipat Matrix tahun 90'an. Ia sengaja memakai ponsel tersebut untuk mengurangi paparan ponsel dan mengurangi penggunaan media sosial yang berpengaruh buruk terhadapnya.

Cameron menilai, medsos mengganggunya dan untuk menghindari gangguan itu ia beralih ke HP lipat jadul. Langkah Cameron yang beralih ke ponsel jadul lipat demi kesehatan mentalnya pun diikuti oleh Gen Z lain. Dari sinilah trend ponsel jadul kembali muncul di era gempuran ponsel canggih dengan beragam fitur mewah.

Rekomendasi HP Lipat Jadul

Ponsel lipat jadul memang sempat populer. Bahkan di Indonesia, banyak ponsel lipat jadul yang masih bisa ditemukan di pasaran. Meski teknologi yang diterapkan sangat jauh ketinggalan, bentuk ponsel lipat jadul yang unik bisa jadi salah satu benda koleksi yang menghibur.

Di era tahun 2000-an ada banyak ponsel jenis lipat seperti flip, clamshell, dan sebagainya. Namun trend ponsel lipat mulai ditinggalkan saat ini. Meski beberapa perusahaan kembali menghadirkan jenis lipat seperti pada Samsung Z Fold,atau Apple yang kemungkinan luncurkan dua model iPhone lipat pada 2023, namun ponsel lipat jadul masih disukai karena bentuknya yang dianggap istimewa. Berikut ini beberapa ponsel yang layak dijadikan benda koleksi.

  1. Motorola Razr V3

Motorola Razr V3 diluncurkan pada tahun 2004 dan sempat mendulang kesuksesan di tahun 2006 karena pada kala itu unit yang terjual mencapai 50 juta unit. Motorola Razr V3 juga dianggap sebagai trendsetter fashion phone yang banyak menginspirasi. Ponsel ini memiliki memori internal 5.5 MB. Ponsel ini juga memiliki dua kamera yakni kamera depan dan belakang. Motorola Razr V3 bisa jadi ponsel koleksi yang patut dimiliki.

  1. Samsung Gusto 3

Samsung juga memiliki banyak ponsel jeni flip di masa lalu, salah satunya adalah tipe Gusto 3. Ponsel ini sedikit lebih modern karena memiliki layar TFT dengan warna layar pekat. Selain itu ponsel memiliki web browser dan navigasi GPS yang cukup akurat. Dilengkapi kamera 1,3 megapiksel dan pemutar kamera, Samsung Gusto 3 bisa jadi salah satu koleksi HP jadul Anda.

  1. Nokia 6800

Anda patut mempertimbangkan Nokia 6800 sebagai bagian dari koleksi karena bentuk ponsel ini sangat unik dan berbeda dari ponsel lipat lainnya. Flip pada ponsel ini terletak pada keypad sehingga saat ponsel dibuka, keypad akan berubah format jadi qwerty. Ponsel yang dirilis pada 2003 ini punya resolusi layar 128 x 128 pixels namun belum dilengkapi dengan kamera.

Itulah informasi terkait HP lipat jadul. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.