Apple Kemungkinan Luncurkan Dua Model iPhone Lipat Pada 2023
Apple telah mengerjakan ponsel lipat tersebut sejak 2016. (foto: dok. gizmochina)

Bagikan:

JAKARTA - Belum lama merilis seri iPhone 13 minggu lalu, kini raksasa Cupertino, Amerika Serikat (AS) itu diperkirakan akan meluncurkan iPhone lipat pertama pada 2023 mendatang.

Tidak sedikit paten menunjukkan Apple telah mengerjakan ponsel lipat tersebut sejak 2026. Menurut pakar industri, Apple sedang mengerjakan dua jenis perangkat lipat, yang pertama dilipat secara vertikal, dan yang kedua dilipat secara horizontal. Diklaim mirip dengan Samsung Z Flip dan Z Fold.

Diberitakan oleh  Gizmochina, Senin, 20 September, Apple dan Samsung bersama-sama mengembangkan panel OLED yang dapat dilipat untuk iPhone lipat yang akan datang. Panel dilaporkan menjadi panel layar lipat berukuran 7,5 inci yang menggunakan teknik etsa untuk mengurangi ketebalan. iPhone lipat pertama Apple diharapkan menjadi smartphone clamshell.

Sementara itu, sesuai penelitian dari firma riset pasar DSCC, pangsa Samsung Electronics di pasar smartphone yang dapat dilipat diharapkan menjadi 87 persen tahun lalu. Tidak mungkin turun di bawah 75 persen bahkan setelah debut smartphone lipat pertama Apple.

Menurut sumber industri, "Apple tidak akan dapat memimpin pasar ponsel lipat untuk sementara waktu dengan pasar dipimpin oleh Samsung Electronics dan pabrikan China seperti Huawei dan Xiaomi yang sudah merilis produk semacam itu," ungkapnya.

Sebelumnya analis andal Ming-Chi Kuo, mengatakan Apple dapat meluncurkan iPhone lipat pada 2023, tetapi proyek tersebut belum secara resmi dimulai, yang berarti bahwa dapat ditunda atau bahkan dapat ditangguhkan seperti AirPower yang sangat ditunggu-tunggu.

Menurut studi terbaru dari Counterpoint Research and Strategy Analytics, ukuran pasar smartphone yang dapat dilipat diperkirakan mencapai 90 juta unit pada tahun 2023 dan 100 juta unit pada tahun 2025, serta tahun-tahun yang akan datang.