Apa Itu Layar AMOLED? Kenali Bagian-Bagian dan Cara Kerjanya
Ilustrasi layar AMOLED (Unsplash/Matt Wojtas)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Layar AMOLED menjadi jenis layar yang banyak digunakan untuk perangkat smartphone. Namun masih banyak pengguna smartphone yang belum tahu apa itu layar AMOLED serta perbedaannya dengan tipe layar lainnya. 

Layar AMOLED tidak hanya digunakan pada ponsel, namun juga untuk perangkat elektronik lainnya seperti laptop dan smartwatch. Ponsel dengan layar AMOLED banyak digemari karena layar ini memiliki sejumlah kelebihan, seperti menampilkan warna yang lebih jernih dan tajam.

Banyak produsen elektronik yang kemudian memakai layar AMOLED untuk ponsel atau laptop. Layar ini memang memiliki harga yang lebih mahal, namun sebanding dengan kualitasnya. Oleh karena itu, sebelum membeli smartphone pastikan Anda memahami apa itu layar AMOLED serta kelebihannya. 

Apa Itu Layar AMOLED

Layar AMOLED merupakan layar yang diproduksi dengan bahan organik light-emitting diode atau teknologi OLED. OLED adalah jenis teknologi electroluminescent, yaitu layar berpanel khusus dengan elemen organik yang dapat memancarkan cahaya sebagai respon atas arus listrik. 

Cara kerja penggunaan OLED pada panel layar memerlukan peralihan senyawa organik individual, yang masing-masing mewakili piksel individual atau elemen gambar. Teknologi layar AMOLED menangani hal itu lewat peralihan matriks aktif dengan memasang setiap piksel ke transitor dan kapasitor. 

Penggabungan teknologi OLED akan membuat smartphone mampu menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi dan memiliki komposisi warna yang tajam. Keunggulan inilah yang membuat banyak produsen smartphone memilih layar AMOLE untuk ponsel-ponsel keluarannya. 

Bagian-Bagian AMOLED

Terdapat empat lapisan dalam teknologi layar AMOLED, yaitu Anode Layer, Middle Organic Layer, Cathode Layer, dan Circuitry. Setiap lapisan memiliki fungsinya masing-masing. 

  • Anode Layer

Middle Organic Layer adalah lapisan kutub positif yang fungsinya untuk menciptakan lubang elektron. Lubang elektron tersebut akan membuang elektron saat layar teraliri oleh listrik.

  • Middle Organic Layer

Middle Organic Layer adalah lapisan organik tengah yang terdiri dari dua bagian, yaitu lapisan penyalur dan lapisan pemancar. Lapisan layar ini terbuat dari molekul organik. 

  • Cathode Layer

Cathode Layer adalah lapisan kutub negatif yang fungsinya untuk memasukkan elektron saat layar teraliri oleh listrik. Lapisan Cathode Layer bisa bersifat transparan maupun tidak, tergantung dari jenis teknologi OLED yang digunakan. 

  • Circuitry

Circuitry adalah lapisan bawah yang fungsinya sebagai alas layar OLED. Lapisan ini berisi untaian dan terbuat dari gelas, kertas, plastik, dan foil. 

Kelebihan Layar AMOLED

Layar AMOLED memiliki sejumlah kelebihan sehingga layar ini banyak dipilih untuk ponsel dan laptop. Berikut beberapa kelebihan dari layar AMOLED yang akan dinikmati oleh penggunanya. 

  • Rasio Kontras yang Tinggi

Layar AMOLED memiliki rasio kontras yang tinggi. Rasio kontrasnya lebih tinggi dibandingkan teknologi pada LCD tipe lainnya, seperti TN dan IPS. Setiap piksel atau dioda dalam layar ini terbuat dari bahan organik yang mampu menghasilkan warna dan memancarkan cahaya lebih baik. 

  • Tampilan Berkualitas

Layar AMOLED juga disukai karena menawarkan tampilan yang berkualitas. Selain lebih cerah, gambar yang dihasilkan oleh layar ini terkesan lebih nyata dibanding tampilan pada tipe layar TN dan IPS. Selain itu, layar ini juga memiliki angle atau sudut pandang yang lebih baik dibanding panel IPS kelas atas. Jadi apabila dilihat dari posisi miring atau samping maka tampilannya tidak berubah dan tetap cerah. 

  • Dimensi Lebih Tipis

Kelebihan lainnya dari layar AMOLED adalah memiliki dimensi yang tipis. Panel layar ini memiliki lapisan plastik organik yang tipis, yakni sekitar 100 hingga 500 nanometer. Selain itu, bahan plastik layar ini jauh lebih ringan dibanding lapisan kristal kaku pada layar LCD. Dengan dimensi tersebut, layar AMOLED mampu menghasilkan pendaran cahaya yang lebih terang. 

  • Daya Lebih Minim

Tingkat konsumsi daya pada layar AMOLED juga jauh lebih rendah. Layar ini memakan lebih sedikit daya dibanding jenis layar lainnya, seperti LCD dan LED. Layar ini mampu memancarkan cahaya tanpa memproduksi terlalu banyak energi panas. Dengan keunggulan tersebut maka pengguna layar ini bisa lebih hemat baterai. 

Demikianlah ulasan mengenai apa itu layar AMOLED dan bagian-bagiannya. Saat ini banyak produsen smartphone yang memilih menggunakan layar ini karena memiliki banyak kelebihan. Berbagai smartphone telah menerapkan layar ini, seperti Samsung, Xiaomi, OPPO, VIVO, dan sebagainya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.

Terkait