Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Layar AMOLED, Mengapa Lebih Mahal Dibanding LED dan LCD
Ilustrasi layar AMOLED (Pexels/JÉSHOOTS)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pengguna smartphone pastinya sudah sangat familiar dengan istilah AMOLED. AMOLED merupakan singkatan dari active-matrix organic light-emitting diode. AMOLED adalah salah satu jenis layar yang sering diterapkan pada berbagai perangkat elektronik, seperti smartphone, tablet, kamera digital, jam tangan, dan lainnya.

Layar AMOLED adalah teknologi penerapan ulang dari organic light-emitting diode atau teknologi OLED. OLED adalah jenis teknologi electroluminescent, yakni bahan organik yang bisa memancarkan cahaya sebagai respons atas arus listrik. 

Penggunaan OLED pada panel layar membutuhkan peralihan senyawa organik individual, di mana masing-masing mewakili elemen gambar atau piksel individual. Sementara teknologi layar AMOLED menangani hal tersebut melalui peralihan matriks aktif, dengan memasang setiap piksel ke transitor dan kapasitor. Pemasangan tersebut secara aktif mempertahankan status piksel saat menangani piksel lain. 

Kelebihan Layar AMOLED

Gadget yang menggunakan teknologi layar AMOLED banyak digemari karena menawarkan sejumlah kelebihan. Berikut beberapa kelebihan dari layar AMOLED:

Lebih Minim Memakan Daya

Salah satu keunggulan layar AMOLED yang digandrungi pengguna gadget adalah konsumsi dayanya yang lebih rendah. Layar ini menyedot daya yang lebih sedikit dibandingkan jenis layar lainnya, seperti LED dan LCD. Dengan layar ini, pengguna lebih hemat dalam energi gadgetnya. 

Layar AMOLED mampu mengeluarkan cahaya tanpa memproduksi terlalu banyak energi pnas. Berbeda dengan LED dan LCD yang menguras energi karena perpindahan panas lebih rendah. 

Dimensi Lebih Tipis

Layar AMOLED memiliki kelebihan lainnya berupa dimensi layarnya yang tipis. Panel AMOLED pada umumnya memiliki laposan plastik organik yang tipis, yakni sekitar 100 hingga 500 nanometer. Jika diibaratkan, maka lebih tipis dari sehelai rambut manusia. 

Dari segi lapisan plastiknya, AMOLED jauh lebih tipis dan ringan dibandinkan lapisan kristal kaku pada layar LCD. Karena bentuknya yang tipis, cahaya yang melintas pun juga lebih banyak. Hal ini membuat AMOLED mampu menghasilkan pendaran yang lebih terang dibandingkan LED biasa. 

Rasio Kontras Tinggi

Kelebhan lain yang ditawarkan oleh layar AMOLED adalah mempunyai rasio kontras yang tinggi. Rasio kontras pada layar ini jauh lebih tinggi dibandingkan teknologi pada layar LCD lainnya, seperti teknologi IPS dan TN.

AMOLED memiliki rasio kontras yang lebih tinggi karena setiap pikselnya atau dioda dari bahan organik menghasilkan warna dan memancarkan cahaya. 

Menyajikan Tampilan Lebih Baik

Keunggulan lain dari layar AMOLED adalah menyajikan tampilan yang kualitasnya lebih baik. Gambar yang ditampilkan pada panel AMOLED lebih cerah dan terkesan lebih nyata dibanding penampakan pada panel TN dan IPS. 

Dari segi sudut pandang atau angle, teknologi layar AMOLED juga lebih baik dibanding panel IPS kelas atas. Saat dilihat dari samping atau posisi miring, tampilan warna dan kecerahannya tidak berubah. Selain itu, panel AMOLED bekerja dengan waktu respon yang kecepatan yang lebih baik dibanding panel IPS umumnya. 

Kekurangan Layar AMOLED

Layar AMOLED bukanlah teknologi yang terlampau canggih hingga tidak ada kekurangannya. Ada sejumlah kekurangan dari layar AMOLED, di antaranya:

Rentan Rusak karena Air

Meski canggih, sayangnya panel AMOLED dari bahan organik cukup rentan rusak karena air. Berbeda dengan dioda pada LED dan kristal anorganik pada LED yang lebih kuat ketika terkena air. 

Visibilitas Outdoor yang Buruk

Kekurangan lain dari layar AMOLED adalah gambar dalam panelnya sulit untuk dilihat di bawah sinar matahari secara langsung. Kondisi ini berbeda dengan panel IPS yang cenderung lebih tampak. Sisi minus ini disebabkan karena berkurangnya kecerahan teknologi tampilannya dan tidak adanya lampu latar.

Umur yang Pendek

Kekurangan layar AMOLED yang banyak dikeluhkan oleh penggunanya adalah umurnya yang pendek. Layar ini lebih mengalami degradasi dibandingkan dengan teknologi layar lainnya, seperti virtual alignment, twisted nematic, dan TFT-LCD. 

Demikianlah infromasi mengenai apa itu layar AMOLED dan kelebihan serta kekurangannya. Berbagai kelebihan yang ditawarkan membuat layar ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan jenis layar lainnya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.