Cara <i>Refund</i> Tiket Kereta Api di Traveloka Secara Online
Kereta api. (Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Cara refund tiket kereta api sebenarnya mudah, terlebih saat Anda melakukan pemesanan tiket lewat aplikasi Traveloka. Pembatalan tiket kereta api lewat Traveloka memudahkan calon penumpang untuk mengatur kembali perjalanan yang akan dilakukan.

Cara Refund Tiket Kereta Api di Traveloka

Seperti diketahui, Traveloka menyediakan layanan pembelian tiket kereta api di Tanah Air. Bagi masyarakat yang ingin melakukan refund tiket KAI, ada beberapa syarat yang harus dibaca yakni sebagai berikut.

  1. Waktu Maksimal Refund

Refund tiket kereta api bisa dilakukan namun paling lambat adalah 60 menit sebelum jadwal keberangkatan yang bisa dilihat di tiket yang telah dibeli.

Kegagalan refund tiket kereta bisa disebabkan karena batas waktu melebihi aturan yang ditentukan oleh KAI.

  1. Menyetujui Denda Pembatalan

Harus diketahui bahwa calon penumpang yang melakukan pembatalan perjalanan akan dikenai biaya pembatalan sebesar 25% dari harga tiket.

  1. Membawa Identitas

Calon penumpang yang ingin melakukan refund diharuskan membawa e-tiket serta kartu identitas asli seperti KTP, paspor, atau SIM. Penumpang yang berusia di bawah 17 tahun bisa menggunakan Kartu Pelajar/Mahasiswa.

  1. Wajib Isi Formulir

Calon penumpang yang ingin melakukan refund diharuskan melakukan pengisian formulir di konter yang telah disediakan.

  1. Metode Refund Terbatas

Harus diketahui bahwa metode pengembalian dana akan dilakukan lewat transfer bank atau dilakukan secara cash atau tunai. Untuk refund via transfer bank, nantinya pihak KAI akan mengirim pemberitahuan lewat SMS. Sedangkan secara tunai pembeli diwajibkan datang ke stasiun.

  1. Waktu Pengembalian Lebih dari 30 Hari

PT KAI membutuhkan waktu lebih dari 30 hari untuk mengembalikan dana refund kepada pembeli, dihitung dari pengajuan refund.

  1. Membawa Surat Kuasa

Bagi penumpang yang ingin melakukan pembatalan dan pengajuan refund dengan mewakilkannya kepada orang lain, maka wakil wajib membawa surat kuasa materai Rp10.000 dan ditandatangani penumpang. Selain itu harus disertai kartu identitas penumpang dan wakilnya.

Bagi calon penumpang yang sudah membeli tiket kereta api melalui Traveloka dan ingin mengajukan refund tiket, berikut tata caranya.

  • Login akun di aplikasi atau website Traveloka;
  • Klik “Pesanan Saya” yang ada di sebelah kanan atas di situs Traveloka. Setelah itu Anda akan dibawa ke halaman yang menampilkan seluruh pesanan Anda sebelumnya, termasuk pembelian tiket KAI;
  • Tentukan pesanan yang ingin di-refund, lalu cek detail pesanan dengan cara pilih tombol detail. Setelah itu Anda akan disarankan untuk cek detail pemesanan tiket. Setelah itu klik “Refund”;
  • Setelah itu Anda akan dibawa ke halaman “Syarat dan Ketentuan Refund Traveloka”;
  • Centang kolom “Ya, Saya Setuju” yang ada di bagian bawah halaman;
  • Klik “Langkah Selanjutnya”;
  • Isi formulir dan pilih tiket penumpang yang akan di-refund. Anda akan dimintai informasi seperti data diri hingga nomor rekening;
  • Klik “Ya, Saya Setuju”;
  • Pilih “Submit Refund”.

Anda juga bisa melakukan pengecekan perkembangan permohonan refund dan statusnya melalui “Detail Pesanan Saya”.

Itulah informasi terkait cara refund tiket kereta api. Untuk mendapatkan informasi menarik lain seperti Harga Tiket dan Jadwal Kereta Api Panoramic kunjungi VOI.ID.