Cara Membatalkan Tiket Kereta Api
Ilustrasi (dok. KAI).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Cara membatalkan tiket kereta api di loket stasiun (offline) dan via KAI Access (online) tidak sulit. Akan tetapi, sebelum melakukan pembatalan calon penumpang harus memenuhi syarat yang ditetapkan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Salah satunya adalah calon penumpang akan dikenai bea pembatalan sebesar 25 persen. Artinya, bea yang dikembalikan oleh PT KAI kepada calon penumpang hanya sebesar 75 persen dari harga awal tiket ketika dibeli di luar bea pesan.

Artikel berikut ini akan menjelasakan secara lebih detail tentang syarat pembatalan tiket kereta api beserta cara membatalkan tiket kereta api secara offline dan online.

Syarat Pembatalan Tiket Kereta Api Lewat Loket Stasiun

Mengutip laman resmi PT KAI, berikut ini merupakan syarat yang harus dipenuhi oleh calon penumpang yang ingin membatalkan tiket kereta api lewat loket stasiun atau secara offline:

  • Pembatalan perjalanan atas permintaann penumpang, dilayani di loket stasiun paling lambat 30 menit sebelum jadwal keberangkatan. Bila lebih dari itu, maka tiket hangus dan tidak ada pengembalian bea.
  • Pemohon pembatalan adalah penumpang yang bersangkutan dengan menunjukkan identitas asli (KTP, SIM, Paspor) sesuai data yang tercantum pada Boarding Pass serta menyerahkann fotokopi untuk dilampirkan pada formulir pembatalan.
  • Biaya pembatalan sebesar 25 persen dari tarif kereta api di luar biaya pemesanan.
  • Bila Boarding Pass yang dibatalkan lebih dari satu penumpang tapi dengan kode booking yang sama, maka fotokopi bukti identitas dan/atau surat kuasa pembatalan yang dilampirkan cukup salah satu dari penumpang yang dimaksud.
  • Pemohon mengisi formulir pembatalan terdiri dari rangkat 2 berupa data Boarding Pass dan data penumpang serta keterangan pengambilan biaya pembatalan.
  • Formulir pembatalan tembusan yang sudah divalidasi oleh petugas, diberikan kepada pemohon sebagai bukti yang dipergunakan pada saat pengembilan biaya pembatalan jika pilihan pengembalian biaya dilakukan secara tunai.
  • Pengembalian biaya dilakukan setelah hari ke-30 melalui transfer atau diambil tunai di stasiun yang ditunjuk.
  • Penumpang yang mengambil biaya secara tunai setelah hari ke-30, menyerahkan tembusann formulir pembatalan yang sudah divalidasi dan menunjukka identiaasasli yang sesuai.
  • Bila formulir pembatalan hilang, maka wajib melampirkan surat keterangan hilang dari kepolisian pada saat pengambilan biaya secara tunai di loket.

Syarat Pembatalan Tiket Kereta Api Lewat KAI Access

Sementara syarat pembatalan tiket kereta api secara online atau melalui KAI Acces, yakni:  

  • Pemohon pembatalan merupakan penumpang yang bersangkutan atau salah satu penumpang yang data dirinya sudah terdaftar pada aplikasi KAI Access serta mengunakann akun KAI Access pemohon.
  • Pembatalan tiket lewat KAI Access bisa dilakukann paling lambat 3 jam sebelum keberangkatan.
  • Pembatalan tiket akan diikenakan bea pengembalian sebesar 25 persen dari harga tiket di luar biaya pemesanan.
  • Pengembalian besa hanya melalui skema transfer bank. Oleh sebab itu, nama dan nomor rekening bank yang diinput harus sesuai dengan nama dan nomor pada buku rekening bank.
  • Jika terdapat kesalahan input nama atau nomor rekening oleh pelanggan maka proses pembatalan akan ditolak secara sistem dan penumpang bisa melakukan pengembalian tunai di loket stasiun yang ditentukann setelah mendapatkan pemberitahuan melalui SMS blast.

Cara Membatalkan Tiket Kereta Api di Loket Stasiun

Berikut ini adalah cara membatalkan tiket kereta api di loket stasiun:

  • Mendatangi loket stasiun kereta api terdekat.
  • Siapkan kartu identitas asli dan fotokopy yang sesuai dengan identitas pemesan tiket.
  • Ambil formulir pembatalan tiket yang tersedia di loket stasiun.
  • Isi formulir pembatalan tiket dengan lengkap dan benar.
  • Serahkan formulir pembatalan tiket yang sudah diusu dan kartu identitas asli kepada petugas loket.
  • Petugas loket akan memverifikasi data dan memproses pembatalan tiket yang diajukan oleh calon penumpang.
  • Setelah proses pembatalan berhasil, Anda akan menerima bukti pembatalan tiket dan pengembalian dana sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Cara Membatalkan Tiket Kereta Api Lewat KAI Acces

Sementara bila Anda ingin membatalkan tiket kereta api secara online, berikut panduan yang bisa Anda ikuti:

  • Buka aplikasi KAI Access di smartphone Anda.
  • Pastikan Anda sudah login menggunakan akun yang terdaftar.
  • Pilih menu “Tiket”.
  • Pada halaman “Tiket”, cari tiket kereta api yang ingin dibatalkan.
  • Ketuk tombol “Pembatalan” pada tiket tersebut.
  • Baca dan pahami ketentuan pembatalan tiket, kemudian beri tanda centang dan pilih “Lanjut”.
  • Pilih penumpang yang ingin dibatalkan tiketnya.
  • Konfirmasi pembatalan tiket.
  • Masukkan PIN KAI Access untuk melakukan verifikasi pembatalan.
  • Jika pembatalan berhasil, Anda akan menerima notifikasi dan pengembalian dana sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian informasi tentang cara membatalkan tiket di loket stasiun dan via KAI Access. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.