Ingin Mengubah Jadwal Tiket yang Sudah Dibeli? Ketahui Cara <i>Reschedule</i> Tiket Kereta Api Secara Online
Ilustrasi (Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Cara reschedule tiket kereta api secara online bisa dilakukan lewat aplikasi KAI Access.

Bagi Anda yang sudah memesan tiket kereta api, tapi ingin melakukan perubahan jadwal atau reschedule tiket kereta api, maka perlu mengetahui syarat dan cara reschedule tiket kereta api terlebih dahulu.

Umumnya, perubahan jadwal tiket kereta api akan dikenakan biaya perubahan sesuai ketentuan yang berlaku. Reschedule tiket mencakup tanggal perjalanan, rute perjalanan, atau pergantian layanan kerea api yang digunakan.

Syarat Reschedule Tiket Kereta Api

Disadur dari laman resmi PT Kereta Api Indonesia (KAI), berikut syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi oleh calon penumpang yang ingin me-reschedule tiket kereta api:

  • Perubahan jadwal atau reschedule tiket kereta api dapat dilakukan untuk jadwal keberangkatan dengan kereta api yang sama atau perubahan jadwal dengan kereta api yang berbeda.
  • Pemohon perubahan jadwal adalah penumpang yang bersangkutan atau salah satu penumpang yang terdaftar pada KAI Access dan menggunakan akun KAI Access milik pemohon.
  • Perubahan dapat dilakukan maksimal 3 jam sebelum keberangkatan. Kode booking yang dimiliki harus berstatus ‘Paid’ dan belum dicetak sebagai boarding pass. Jika melewati ketentuan waktu, permohonan reschedule dilakukan pada loket stasiun.
  • Reschedule dapat dilakukan jika tempat duduk kereta yang baru (pengganti) masih tersedia.
  • Dikenakan biaya perubahan sebesar 24 persen dari tarif Kereta Api di luar bea pesan dengan pembulatan ke atas pada kelipatan Rp1000.
  • Apabila naik kelas layanan atau tarif tiket kereta api baru lebih tinggi, akan dikenakan biaya tambahan untuk selisih dan biaya administrasinya.
  • Apabila tarif kereta api baru lebih rendah atau turun kelas layanan, tidak ada pengembalian dana untuk selisihnya, tetapi tetap dikenakan biaya administrasi.
  • Perubahan jadwal secara online dapat dilakukan untuk pembelian selain dari aplikasi KAI Access selama belum dicetak dalam bentuk boarding pass dan kode booking dapat masuk ke menu ‘Ticket’ serta nama yang terdapat dalam tiket terdaftar dalam KAI Access.
  • Untuk pelayanan bagasi sepeda, penumpang hari melakukan pemesanan ulang karena tidak otomatis mengikuti jadwal baru.
  • Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Contact Center KAI melalui (021) 121 atau email ke alamat [email protected].

Cara Reschedule Tiket Kereta Api Secara Online

Berikut  cara reschedule  tiket kereta api secara onine lewat aplikasi KAI Access:

  • Buka aplikasi KAI Acces di smartphone Anda
  • Pilih kode booking tiket yang ingin di-reschedule pada menu ‘Tiket’
  • Selanjutnya, tekan tombol ‘Ubah Jadwal’.
  • Kemudian, pilih pilih nama penumpang yang akan diubah jadwal perjalanannya.
  • Baca ‘Syarat & Ketentuan’ lalu centang dan klik ‘Lanjutkan’.
  • Pada halaman ‘Pesan Tiket’, pilih perjalanan yang diinginkan, mulai dari stasiun asal, tujuan, hingga tanggal keberangkatan.
  • Berikutnya, klik menu ‘Cari Tiket’ lalu pilih jadwal kereta baru sesuai yang inginkan.
  • Pada halaman konfirmasi pemesanan, pastikan jadwal yang tertera telah sesuai dengan pilihan Anda.
  • Baca dan centang kolom ‘Syarat & Ketentuan’, lalu lanjutkan proses perubahan jadwal.
  • Ketuk tombol ‘Pembayaran’ kemudian pilih metode pembayaran yang diinginkan.
  • Berikutnya, lanjut pembayaran dengan mengklik ‘Bayar’.
  • Proses reschedule tiket kereta api telah selesai dan segera selesaikan pembayaran.

Demikian informasi tentang syarat dan cara reschedule tiket kereta api secara online. Baca terus VOI.ID untuk mendapatkan berita ter-update lainnya.