Informasi Harga Tiket dan Jadwal Kereta Api Panoramic Lengkap dengan Rute, Cara Pemesanan, dan Fasilitas
Ilustrasi Kereta Panoramic KAI (Daop 6 Yogyakarta)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Masyarakat berbondong-bondong mencari informasi terkait harga tiket dan jadwal kereta api panoramic, kereta api baru yang diperkenalkan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Seperti diketahui, KAI kini memiliki kereta Panoramic yang akan memberikan pengalaman baru kepada penumpangnya. Melalui kereta ini, penumpang bisa menikmati pemandangan selama perjalanan. Berikut beberapa informasi terkait kereta Panoramic yang patut diketahui.

Harga Tiket dan Jadwal Kereta Api Panoramic

PT KAI untuk saat ini mengoperasikan kereta panoramic untuk rute Jakarta-Yogyakarta PP. Pengoperasian dilakukan per 24 Desember 2022.

Manajer Humas KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Franoto Wibowo menjelaskan sempat menjelaskan harga tiket dan jadwal kereta api panoramic. Ia mengatakan bahwa rute yang disediakan untuk kereta Panoramic dirangkai pada perjalanan KA Taksaka Tambahan untuk relasi Jakarta Gambir-Yogyakarta Tugu.

“KA Taksaka Tambahan yang dirangkai dengan gerbong kereta Panoramic dijalankan sejak Sabtu, 24 Desember, hingga 8 Januari,” jelas Franoto Wibowo di Yogyakarta, dikutip dari ANTARA.

Terkait harga tiket kereta panoramic, dalam aplikasi KAI Access dikatakan bahwa masyararakat perlu merogoh kocek sekitar Rp1 juta. Namun untuk saat ini KAI masih mengadakan promo tiket kereta panoramic menjadi Rp750 ribu namun kuotanya dibatasi.

Sedangkan jadwal KA Taksaka Tambahan dengan Kereta Panoramic per 24 desember 2022 hingga 8 Januari 2023 adalah sebagai berikut.

  • KA 7011C rute Yogyakarta pukul 21.40 WIB dan sampai di Gambir pukul 05.33 WIB
  • KA 7012C rute Gambir pukul 10.40 WIB dan sampai di Yogyakarta pukul 18.39 WIB
  • KA 7025B rute Yogyakarta jam 12.00 WIB dan sampai di Gambir pukul 19.30 WIB
  • KA 7026B rute Gambir jam 23.45 WIB dan sampai di Yogyakarta pukul 07.50 WIB

Cara Pesan Tiket Kereta Panoramic

Karena masih tergolong baru, masyarakat masih bingung bagaimana Bagaimana cara cek jadwal kereta api dan cara memesan tiketnya. Cara cek jadwal kereta api bisa dilakukan lewat website maupun aplikasi yang diunduh lewat playstore, yakni sebagai berikut.

  • Kunjungi situs kai.id atau bisa lewat aplikasi KAI Access melalui ponsel Anda.
  • Pengguna akan menemukan kolom yang bisa diisi untuk melakukan pengecekan jadwal kereta api secara online, baik lewa website maupun aplikasi. Letak kolom berada di bagian atas untuk tampilan ponsel dan berada di bagian kiri untuk tampilan lewat PC atau laptop.
  • Isi informasi terkait stasiun asal atau stasiun awal keberangkatan Anda, disesuaikan dengan kebutuhan;
  • Setelah itu isi stasiun tujuan atau stasiun yang menjadi tujuan perjalanan Anda;
  • Masukkan tanggal keberangkatan yang ingin dicek;
  • Masukkan juga keterangan penumpang, apakah penumpang dewasa atau anak;
  • Setelah itu pilih “Pesan” dan cari informasi kereta yang ingin diketahui.

Sedangkan terkait cara pemesanan tiket Kereta Panoramic bisa dilakukan di berbagai kanal yang telah disediakan oleh PT KAI.

"Kuota tiket promo terbatas, segera pesan tiket KA Taksaka Tambahan Panoramic di aplikasi KAI Access, website KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya," jelas VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya.

Berikut ini cara memesan tiket kereta api lewat website KAI.

  1. Kunjungi laman booking.kai.id melalui browser baik PC, laptop, maupun ponsel;
  2. Masukkan nama stasiun asal dan stasiun tujuan yang Anda kehendaki;
  3. Atur jadwal keberangkatan dan jumlah kursi yang ingin dipesan;
  4. Pilih “Cari & Pesan Tiket”
  5. Setelah menemukan jadwal kereta, klik “pesan”;
  6. Pilih kursi sesuai selera;
  7. Setelah itu pilih metode pembayaran yang tersedia, baik lewat e-wallet atau transfer;
  8. Setelah itu lakukan pembayaran tiket sesuai dengan metode yang sudah Anda pilih.
  9. Setelah pembayaran selesai dilakukan, Anda sudah mengantongi E-ticket kereta api.

Fasilitas Kereta Panoramic

Fasilitas yang tersedia pada Kereta Panoramic cukup menarik. Gerbong panoramic memiliki kapasitas 46 tempat duduk yang didesain dengan nyaman. Gerbong kereta ini memiliki jendela kaca dengan ukuran besar di dua sisi kanan-kiri, serta atap kaca dari depan hingga belakang yang bisa dibuka-tutup secara otomatis.

Kursi yang tersedia pada gerbong panaromic sangat mendukung kenyamanan penumpang, salah satu keunggulannya adalah bisa diputar menghadap jendela. Selain itu terdapat tirai yang bisa dikendalikan dengan remote.

Gerbong Panoramic KAI juga dilengkapi toilet dengan sensor otomatis. Tak hanya itu, penumpang bisa menyimpan tas atau koper di rak bagasi khusus yang ada di ujung kereta.

Itulah informasi terkait harga tiket dan jadwal kereta api panoramic. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.