Pertama Kali Naik Kereta? Ini Perbedaan Kelas Ekonomi, Bisnis, dan Eksekutif
Kereta api masih menjadi moda transportasi yang banyak digemari masyarakat. (Dok Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Selain pesawat, kereta merupakan salah satu moda transportasi pilihan banyak wisatawan untuk perjalanan jarak jauh. Alasannya, kereta menawarkan kenyamanan serta waktu tempuh yang cukup cepat. Belum lagi, penumpang bisa membawa cukup banyak barang bawaan dengan menggunakan kereta.

Anda bisa mengunjungi banyak kota besar di Indonesia dengan kereta. Salah satunya adalah pesan tiket kereta Solo ke Jogja secara online dengan mudah melalui aplikasi Traveloka. Saat Anda memesan tiket kereta, Anda bisa memilih tempat duduk di tiga kelas yang berbeda, yaitu kelas Ekonomi, Bisnis, dan Eksekutif. Ketiga kelas ini memiliki kenyamanan dan fasilitas yang berbeda-beda.

Berikut ini penjelasan mengenai perbedaan antara kelas Ekonomi, Bisnis, dan Eksekutif pada kereta.

  1. Kelas Ekonomi
  • Kelebihan Kelas Ekonomi

Harga Tiket Terjangkau

Salah satu kelebihan utama dari kelas ekonomi adalah harga tiket yang lebih terjangkau dibandingkan dengan kelas lainnya. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang populer bagi banyak wisatawan dengan anggaran terbatas.

  • Kekurangan Kelas Ekonomi

Ruang Gerak Terbatas

Harga yang terjangkau punya kekurangan. Kelas ekonomi sering kali memiliki ruang gerak yang lebih terbatas, terutama jika Anda memilih tempat duduk yang tidak dapat diubah posisinya. Hal ini dapat membuat perjalanan terasa lebih sesak dan kurang nyaman, terutama pada perjalanan jarak jauh. Namun, saat ini KAI menawarkan kelas Ekonomi Premium dengan kursi yang dapat reclining dan punya arm rest.

Fasilitas Terbatas

Selain ruang gerak yang terbatas, fasilitas di kelas ekonomi biasanya terbatas. Anda mungkin hanya mendapatkan kursi dengan sandaran biasa dan ruang kaki yang terbatas. Namun, Anda mendapatkan gerbong dengan AC hingga stop contact. Layanan makanan dan minuman sering kali tersedia dengan biaya tambahan. Berbeda dengan kelas Ekonomi Premium yang punya kursi reclining dan armrest. Namun, harganya tentu lebih mahal dari kelas Ekonomi reguler.

  1. Kelas Bisnis

Kelebihan Kelas Bisnis

  • Kenyamanan yang Lebih Baik

Kelas bisnis umumnya menawarkan lebih banyak ruang bagi penumpang, kursi yang lebih besar, dan sandaran yang lebih nyaman. Ini membuat perjalanan Anda menjadi lebih santai dan menyenangkan.

Fasilitas Tambahan

Di atas kelas Ekonomi, Anda bisa memilih kelas Bisnis. Di kelas Bisnis, Anda mungkin akan mendapatkan akses ke fasilitas tambahan seperti layanan makanan dan minuman yang lebih baik.

  • Kekurangan Kelas Bisnis

Harga Lebih Mahal dari Ekonomi

Tentu saja, untuk mendapatkan kenyaman lebih, kelas Bisnis punya harga tiket yang lebih tinggi daripada kelas ekonomi. Ini bisa menjadi pertimbangan penting jika Anda memiliki anggaran yang cukup terbatas.

Kursi Belum Reclining

Walaupun di kelas Bisnis, nyatanya kursi di kelas ini belum dilengkapi dengan kursi yang bisa reclining atau dapat direbahkan. Hal ini tentu cukup mengganggu jika Anda perlu istirahat lebih untuk melewati perjalanan yang panjang.

  1.  Kelas Eksekutif
  • Kelebihan Kelas Eksekutif

Kenyamanan Maksimal

Dibandingkan dengan kelas kereta lainnya, kelas Eksekutif menawarkan tingkat kenyamanan tertinggi. Anda dapat menikmati kursi yang luas, sandaran yang dapat direbahkan menjadi tempat tidur, dan punya ruang gerak yang lebih luas untuk bersantai. Fasilitas pun cukup lengkap, mulai dari selimut hingga layanan untuk memesan makanan lebih mudah.

Susunan Kursi

Berbeda dengan kelas Ekonomi dan kelas Bisnis, susunan kursi kelas Eksekutif jauh lebih privat dengan konfigurasi 2-2. Kursinya pun punya kenyamanan yang lebih baik, ketinggian kursi yang bisa ditentukan, ruang gerak yang lebih luas, serta da pijakan kaki. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan meja makan serta WiFi di beberapa kereta. Toilet pun juga bersih dan nyaman.

  • Kekurangan Kelas Eksekutif

Harga Tiket Cukup Tinggi

Dengan berbagai fasilitas dan kenyamanan yang diberikan, wajar saja jika harga tiket Eksekutif jauh lebih tinggi dibanding kelas lainnya. Namun, harga yang ditawarkan sejatinya sesuai dengan fasilitas yang diberikan, terutama untuk Anda yang ingin menempuh perjalanan jarak jauh. Bahkan, harganya masih lebih terjangkau dari pesawat.

Kursi Terbatas

Jumlah kursi kelas eksekutif cukup terbatas, tidak sebanyak dibanding kelas Bisnis atau Ekonomi. Untuk itu, Anda perlu memesan kursi kelas Eksekutif dari awal agar tidak kehabisan, apalagi jika Anda akan pergi berlibur saat periode libur panjang.

Pilihan kelas kereta api sangat tergantung pada anggaran Anda, tingkat kenyamanan yang diinginkan, dan jenis perjalanan yang Anda lakukan. Kelas ekonomi menawarkan harga terjangkau, sementara kelas bisnis dan eksekutif menawarkan kenyamanan yang lebih tinggi dengan harga yang sesuai. Sebelum memesan tiket kereta api, pertimbangkan dengan cermat apa yang paling penting bagi Anda dalam perjalanan Anda, dan pilihlah kelas yang sesuai dengan preferensi Anda.

Untuk memesan tiket kereta lebih mudah, Anda bisa mulai pesan tiket kereta melalui aplikasi Traveloka! Nikmati kemudahan dan juga berbagai promo menarik hanya untuk Anda di aplikasi Traveloka!