Jack Dorsey Usulkan Buat Media Sosial dengan Protokol Bebas dan Terbuka
Jack Dorsey (tengah) usulkan media sosial baru. (foto: twitter @jack)

Bagikan:

JAKARTA - Penyelidikan internal di Twitter yang dipimpin oleh Elon Musk untuk mengidentifikasi masalah terkait sensor di Twitter, membuat mantan CEO platform sosial itu, Jack Dorsey,  untuk mempromosikan gagasan "protokol bebas dan terbuka" untuk media sosial.

Dalam sebuah postingan, Dorsey menyoroti beberapa solusi potensial untuk masalah platform Twitter saat ini. Menurut mantan CEO Twitter, ini akan membuat platform kebal dari kontrol perusahaan atau pemerintah. Bahkan memberikan hak untuk menghapus konten hanya kepada penulis asli dan menerapkan moderasi melalui pilihan algoritmik.

“Saya sangat percaya bahwa konten apa pun yang diproduksi oleh seseorang untuk internet harus bersifat permanen sampai penulis aslinya memilih untuk menghapusnya. Itu harus selalu tersedia dan dapat dialamatkan. Penghapusan dan penangguhan konten seharusnya tidak dimungkinkan,” ujar Dorsey, seperti dikutip Cointelegraph.

Dorsey percaya bahwa platform Twitter di bawah kepemimpinannya dan Twitter saat ini tidak memenuhi tiga prinsip yang dia sebutkan dan menyalahkan dirinya sendiri karena tidak memperjuangkan platform tersebut.

“Ini adalah kesalahan saya sendiri, karena saya benar-benar menyerah mendorong mereka ketika seorang aktivis memasuki saham kami pada tahun 2020.  Saya merencanakan keluar pada saat itu karena mengetahui bahwa saya tidak lagi cocok untuk perusahaan.”

Dorsey juga mencatat bahwa kesalahan terbesar adalah berfokus pada pembuatan alat untuk mengelola percakapan publik alih-alih membuat yang memungkinkan pengguna Twitter mengelolanya sendiri. “Ini membebani perusahaan dengan terlalu banyak kekuatan,” tambahnya. Menurutnya hal ini, membuat perusahaan juga terkena tekanan dari luar.

Dalam sebuah tweet, Dorsey juga membagikan tautan GitHub ke protokol terbuka tahan sensor yang saat ini sedang dibuat. Proyek yang dijuluki "Notes and Other Stuff Transmitted" bertujuan untuk memungkinkan pembuatan jejaring sosial terdesentralisasi berdasarkan kunci dan tanda tangan kriptografi.

Pada 18 Oktober, Dorsey juga mengumumkan perkembangan baru terkait Bluesky Social, proyek media sosial terdesentralisasi yang dimulai pada 2019. Dengan platform tersebut, tidak akan ada perusahaan yang dapat memutuskan apa yang akan dipublikasikan. Sebaliknya, akan ada pasar perusahaan yang memutuskan apa yang akan "dibawa ke audiens mereka".