CEO Intel Bertemu Lagi dengan Bos Samsung di Korea, Ada Apa?
Samsung dan Intel akan bekerja sama. (foto: dok. samsung)

Bagikan:

JAKARTA - Akibat lesunya ekonomi global, CEO Intel,  Pat Gelsinger,  minggu lalu dikabarkan kembali bertemu dengan eksekutif Samsung di Korea Selatan, untuk membahas strategi semikonduktor.

Setibanya di Korea dari Taiwan, Gelsinger mengunjungi Kampus Hwaseong dan Suwon Samsung Electronics untuk bertemu dengan para eksekutif termasuk Presiden Divisi Solusi Perangkat (DS), Kyung Kye-hyun dan Presiden Departemen Bisnis Jaringan Divisi Pengalaman Perangkat (DX), Kim Woo-joon pada 9 Desember.

Dalam pertemuan tersebut, diklaim akan ada kerja sama di bidang semikonduktor. Selain itu, mereka juga berbincang tentang bagaimana mengatasi lesunya ekonomi global.

Pertemuan itu adalah kunjungan kedua Gelsinger ke Korea pada tahun ini, setelah yang pertama pada Mei lalu. Selama kunjungannya ke Korea pertama itu, Gelsinger bertemu dengan bos besar Samsung Lee Jae-yong untuk membahas kerja sama dalam memori generasi mendatang, semikonduktor sistem, pengecoran, PC, dan perangkat seluler.

Namun, kali ini Gelsinger tidak bertemu dengan Jae-yong lantaran dia baru saja kembali dari perjalanan bisnis ke United Emirate Arab (UEA) pada hari itu.

Samsung dan Intel adalah perusahaan teratas di industri semikonduktor global, karena mereka masing-masing adalah pemain nomor satu di sektor semikonduktor memori dan unit pemrosesan sentral (CPU).

Melansir Business Korea, Selasa, 13 Desember, meski bersaing, mereka kerap bekerja sama di pasar semikonduktor global. Intel sebagian besar memproduksi chip untuk dirinya sendiri, Samsung juga memproduksi semikonduktor untuk orang lain, termasuk Nvidia, yang merupakan saingan Intel.

Belum jelas bagaimana Samsung dan Intel akan bekerja sama, tetapi kolaborasi kedua perusahaan tersebut tentu sangat menarik.