Rumor Dogecoin Bakal Dipergunakan untuk Pembayaran Twitter Telah Melambungkan Harganya
Dogecoin dirumaorkan bakal jadi alat pembayaran di Twitter. (foto: twitter @dogecoin)

Bagikan:

JAKARTA - Akuisisi Twitter oleh Elon Musk telah menempatkan angin segar pada mata uang kripto Dogecoin, cryptocurrency meme yang selama ini dilambungkan ketenarannya oleh orang terkaya di dunia itu.

Harga Dogecoin berlipat ganda setelah taipan Tesla ini menyelesaikan akuisisi Twitter. Dogecoin diperdagangkan sekitar 0,07 dolar AS pada 27 Oktober sebelum Musk mentweet "burung itu dibebaskan" untuk mengumumkan kepemilikannya. Lima hari kemudian, harganya sudah menjadi 0,16 dolar AS.

Itu mungkin kedengarannya tidak banyak, tetapi itu memberi cryptocurrency yang sangat fluktuatif dengan nilai pasar 21 miliar dolar AS, menurut platform data CoinGecko.

Tidak buruk untuk koin yang dibuat sebagai "lelucon" yang menyindir spekulasi liar di pasar kripto dan dinamai meme internet seekor anjing Shiba Inu.

“Perdagangan dogecoin di sekitar tweet Elon telah menjadi bentuk spekulasi yang menguntungkan,” kata Matthew Dibb, chief operating officer dari manajer investasi kripto yang berbasis di Singapura, Stack Funds.

Musk memang memainkan peran besar dalam kebangkitan dogecoin sejak peluncurannya yang ringan oleh dua insinyur perangkat lunak pada tahun 2013. Tweet-nya yang menyatakan dukungan untuk koin, termasuk yang menyebutnya "kripto rakyat", telah membantu harganya naik, entah dari mana, sebesar 4.000% pada tahun 2021.

Pengamat Crypto mengatakan lonjakan harga terbaru, yang terjadi setelah kesepakatan Twitter, didorong oleh taruhan investor bahwa Musk akan menjadikan Doge sebagai bagian dari sistem pembayaran di platform itu.

"Ada banyak spekulasi bahwa Twitter akan menyediakan test bed untuk adopsi dan eksperimen doge untuk penggunaan yang berbeda," tambah Dibb, seperti dikutip Reuters.

Dogecoin , sejak itu kehilangan sebagian keuntungannya dan melayang di sekitar 0,12 dolar AS, yang menjadikannya cryptocurrency terbesar kedelapan, dengan kapitalisasi pasar sekitar 16 miliar dolar AS, menurut CoinGecko.

Koin meme yang disebut nilainya pernah mencapai puncaknya 0,63 dolar AS pada Mei tahun lalu, tetapi kesuraman ekonomi makro dan sikap apatis investor terhadap pasar berisiko telah menghancurkannya bersama dengan aset kripto terkemuka lainnya seperti bitcoin dan eter. Bahkan setelah reli terbaru, Doge turun 57% dalam 12 bulan terakhir.

Meskipun demikian, situs berita pasar kripto Coindesk mengatakan bahwa dua kali lipat harganya telah membuat Doge menjadi pemain teratas di antara 150 aset digital dalam Indeks Pasar CoinDesk pada bulan Oktober.

Pangsanya dari kapitalisasi pasar kripto global senilai 1 triliun dolar AS sepanjang tahun hingga akhir Oktober adalah 1%, sebagian kecil dari 39% yang dikuasai bitcoin, menurut CoinMarketCap.

Doge telah mengangkat koin bertema anjing lainnya di belakangnya, seperti Shiba Inu , yang memiliki motif yang sama dari jenis anjing Jepang seperti doge dan dirancang agar kompatibel di blockchain Ethereum. Shib, yang diperdagangkan hanya dengan harga 0,00001 dolar AS, kini melonjak sepertiga dalam beberapa hari setelah Musk menutup kesepakatan Twitter.

Tidak seperti bitcoin, baik doge maupun Shib memiliki persediaan yang hampir tidak terbatas, yang berarti dibutuhkan lebih dari sekadar penimbunan spekulatif untuk menaikkan harga mereka.

Perkiraan bahwa Musk akan mengizinkan pembayaran kripto dengan token anjing ini dipicu oleh tweetnya minggu lalu tentang gambar anjing Shiba Inu yang mengenakan T-shirt Twitter.

Namun reli awal terhenti, dengan banyaknya investor crypto bingung tentang seberapa serius dia tentang dogecoin.

Musk, orang terkaya di dunia, menyebut dogecoin sebagai "keramaian" di acara bincang-bincang Mei tahun lalu,  yang langsung membuat harganya jatuh.

Kemudian pada Januari tahun ini, Tesla mulai menerima dogecoin sebagai pembayaran untuk barang dagangannya, seperti ikat pinggang "Giga Texas" dan model mini kendaraan listrik. Bahkan parfum Musk yang baru diluncurkan "Burnt Hair" juga dapat dibeli dengan doge.