Elon Musk Sarankan <i>Hodler</i> untuk Simpan BTC, ETH, dan DOGE di <i>Cold Wallet</i>
Elon Musk kasih saran untuk pemilik Bitcoin, Ethereum, dan Dogecoin. (Foto; Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA – Bos Tesla dan SpaceX, Elon Musk, belum lama ini membahas masa depan kripto ketika ditanya oleh seorang kripto melalui komentar Twitter. Dia mempertanyakan posisi harga cryptocurrency dalam satu tahun ke depan. Sementara dalam satu tahun terakhir, BTC anjlok dari 69.000 dolar pada tahun lalu ke harga terendahnya di tahun 2022, pada level 16.000-an dolar AS.

“BTC akan berhasil, tetapi mungkin musim dingin yang panjang,” Elon Musk menanggapi pertanyaan salah satu pengguna media sosial Twitter.

Komentar Musk mungkin telah meningkatkan harga bitcoin. Segera setelah dia men-tweet, harga BTC melonjak tajam dari 16.000 dolar AS ke 16.987 dolar pada saat penulisan.

Miliarder, yang baru-baru ini mengakuisisi raksasa media sosial Twitter, sebelumnya mengungkapkan bahwa dia secara pribadi memiliki bitcoin, seperti halnya Tesla dan SpaceX. Pengajuan keuangan terbaru Tesla dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) menunjukkan bahwa perusahaan memegang sekitar 218 juta dolar dalam aset digital.

Terlepas dari kondisi market bearish yang berlangsung dalam beberapa bulan terakhir, yang dimulai sejak jatuhnya harga LUNA pada Mei lalu, Musk melontarkan pernyataan dalam sejumlah kesempatan dengan menyatakan bahwa Bitcoin masih cocok jadi penyimpan nilai.

“Kami tentu saja terbuka untuk meningkatkan kepemilikan bitcoin kami di [masa] depan, jadi ini tidak boleh dianggap sebagai vonis terhadap bitcoin,” ujar Musk, melansir Bitcoin.com News.

Selain itu, Elon Musk juga melontarkan komentar positifnya terhadap koin meme dukungannya, Dogecoin (DOGE). Tindakan bos Tesla itu turut melambungkan harga Dogecoin. “Doge to the moon,” tulis Musk.

Tesla telah menerima pembelian merchandise dengan Dogecoin. Tidak berhenti sampai di situ, perusahaannya yang lain The Boring Company yang berhasil membikin tunel bawah tanah untuk mengatasai kemacetan lalu lintas turut menerima pembayaran DOGE melalui layanan The Loop.

Selain itu, dalam acara Twitter Space yang digelar pada Sabtu kemarin sebagai tanggapan para pelaku dan komunitas industri kripto terkait bangkrutnya FTX, Musk menegaskan pentingnya dompet kripto cold wallet. Informasi saja, cold wallet adalah perangkat fisik untuk penyimpanan aset digital. Salah satu merek cold wallet terkenal adalah Ledger.

“Saya akan menegaskan kembali bahwa, jika Anda memiliki kripto, Anda harus memilikinya di cold wallet yang dapat diakses langsung. Bukan di bursa. Itu akan bijaksana,” saran Musk.

Kemudian, bos Tesla itu membagikan pandangannya terkait tiga aset digital, Bitcoin, Ethereum, dan Dogecoin. Menurutnya, jika seseorang memiliki salah satu dari ketiga aset tersebut, sebaiknya tidak disimpan di bursa kripto tapi di cold wallet.

“Saya pikir mungkin ada masa depan untuk bitcoin, ethereum, dan doge. Saya tidak bisa berbicara dengan yang lain. Tetapi jika Anda memiliki salah satu dari ketiganya di cold wallet, dan di luar bursa, saya pikir tebakan saya itu bekerja dengan baik,” pungkas Musk.