Elon Musk Nyatakan Beberapa Barang Produksi Tesla  Bisa Dibeli dengan Dogecoin
Elon Musk nyatakan Tesla menerima dogecoin sebagai pembayaran. (foto; instagram)

Bagikan:

JAKARTA – CEO Tesla Inc  Elon Musk mengatakan pada Selasa 14 Desember bahwa pembuat mobil listrik ini akan menerima dogecoin sebagai pembayaran untuk barang dagangan mereka. Pernyataan ini langsung membuat cryptocurrency berbasis meme naik lebih dari 20%.

"Tesla akan membuat beberapa barang dagangan dapat dibeli dengan Doge & lihat bagaimana kelanjutannya," kata Musk dalam sebuah tweet.

Dogecoin, populer di kalangan investor ritel, naik hingga 0,20 dolar AS setelah tweet tersebut. Tweet Musk tentang cryptocurrency, termasuk yang ia sebut sebagai "crypto rakyat", telah membantu koin meme ini harganya melonjak 5,859% selama setahun terakhir, menurut data dari situs web Coinbase.

“Elon Musk telah menjadi advokat untuk komunitas crypto selama bertahun-tahun. Pengumuman terbarunya akan mengantar era baru perdagangan dan membuka jalan bagi altcoin untuk memperluas kasus penggunaannya,” kata Chris Kline, salah satu pendiri Bitcoin IRA, seperti dikutip Reuters.

Musk tidak merinci barang dagangan apa, yang harganya mulai dari 50 hingga mencapai 1,900 dolar AS, yang dapat dibeli dengan dogecoin.

Tesla selama ini juga menjual pakaian, ikat pinggang 'Giga Texas' dan model mini kendaraannya serta barang-barang edisi terbatas yang unik seperti 'Cyberwhistle', yang meniru model Cybertruck yang banyak ditunggu-tunggu orang. Baru-baru ini mereka juga meluncurkan sepeda quad 'Cyberquad' untuk anak-anak, juga meniru model truk.

Musk, seorang pendukung cryptocurrency, sering mendukung dogecoin dan mengatakan mata uang kripto ini lebih baik untuk transaksi. Terbaru dalam sebuah wawancara dengan majalah Time, yang memberinya gelar "Person of the Year" untuk 2021 pada Senin lalu.

Dia telah bertanya kepada pengguna pada bulan Mei apakah mereka ingin Tesla menerima dogecoin dalam jajak pendapat Twitter. Dia menyebut dogecoin sebagai 'keramaian' saat menjadi pembawa acara tamu di acara TV sketsa komedi "Saturday Night Live" pada bulan Mei.

Musk, yang memiliki lebih dari 66 juta pengikut di Twitter, sangat terlibat dalam hiruk-pikuk perdagangan ritel tahun ini/. Ia men-tweet tentang cryptocurrency dan membantu membuat harga mereka melonjak.

Namun pabrik pembuat EV ini berhenti menerima bitcoin untuk pembelian mobil, kurang dari dua bulan setelah perusahaan mulai menerima mata uang digital terbesar di dunia itu untuk pembayaran.

"Ini kurang lebih kebisingan di Tesla," kata Tom Martin, manajer portofolio senior di Globalt Investment. "Saya melihatnya sebagai lincah atau hanya mengolok-olok."