FCC Beri Lisensi SpaceX Milik Elon Musk, Tapi Izin Terbang Starship Tunggu Persetujuan FAA
Proyek Starship dari Elon Musk akan segera uji coba Januari 2022. (foto: twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Komunikasi Federal (FCC) memberi lisensi kepada SpaceX milik Elon Musk pada Kamis untuk melakukan demonstrasi orbital eksperimental dan uji pemulihan roket Starship-nya pada Q1 2022.

Aplikasi FCC menunjukkan peluncuran orbital dapat dilakukan kapan saja antara 20 Desember 2021 dan 1 Maret 2022, dari fasilitas pengujian SpaceX di Boca Chica, Texas.

Namun, perusahaan yang dipimpin Elon Musk ini masih perlu menunggu Federal Aviation Administration (FAA) untuk menyelesaikan penilaian lingkungannya sebelum Starship dapat meninggalkan tanah.

FAA mengumumkan pada bulan November lalu bahwa mereka akan menyelesaikan tinjauan pada tanggal 31 Desember, yang berarti SpaceX memiliki semua persetujuan peraturan yang diperlukan untuk mengirim roket besarnya ke luar angkasa.

Berita itu, bagaimanapun, mungkin tidak mengejutkan bagi Musk yang terus-menerus mengatakan peluncuran mungkin akan dilakukan pada Januari 2022.

Bulan lalu, miliarder itu mengatakan penerbangan pertama Starship ke orbit akan tiba dalam tiga bulan pertama tahun 2022 dan pada 17 November ia, mempersempitnya menjadi bulan Januari 2022.

Berbicara selama pertemuan online yang diadakan oleh Akademi Nasional pemerintah AS, Musk mengatakan peluncuran orbital pertama Starship - yang dia sebut 'kendaraan yang sangat mendalam' yang membuat kemajuan 'sangat cepat' - 'mudah-mudahan' terjadi pada Januari 'atau mungkin Februari. ' 2022 dan dapat diikuti oleh 12 atau lebih peluncuran sepanjang sisa tahun depan.

"Kami sudah dekat dengan peluncuran orbital awal kami," katanya, seperti dikutip Dailymail.co.uk. “Penerbangan orbit pertama yang kami harapkan dilakukan pada bulan Januari.”

"Ada banyak risiko yang terkait dengan peluncuran pertama ini," kata Elon Musk. “Jadi saya tidak akan mengatakan bahwa itu mungkin berhasil, tetapi saya pikir kami akan membuat banyak kemajuan.”

Berita Kamis lalu, kini menempatkan SpaceX selangkah lebih dekat untuk mencapai tujuan Musk di bulan Januari.

Aplikasi FCC menyatakan, 'data lintasan (dari penerbangan orbital)  akan diberikan langsung ke NTIA, USAF dan NASA.' Tapi saat ini, SpaceX masih membutuhkan lampu hijau dari FAA.

Penilaian tersebut meliputi dampak lingkungan dari profil misi awal SpaceX dan meninjau pemulihan puing-puing, penutupan jalan lokal di Boca Chica, Texas, serta tempat lokasi peluncuran perusahaan, dan masalah lainnya.

Program Starship bertujuan untuk mengembangkan kendaraan untuk perjalanan kargo antarplanet dan manusia ke bulan, Planet Mars, dan seterusnya.

Untuk menyempurnakan roket, SpaceX berencana untuk melakukan beberapa uji peluncuran selama beberapa tahun ke depan, yang semuanya akan memerlukan izin atau lisensi operator kendaraan dari FAA.

Meskipun Musk tampak menghargai garis waktu FAA, namun miliarder itu tidak selalu senang dengan agensi tersebut.

Pada bulan Januari lalu, ia mengecam FAA di Twitter karena aturannya mengenai peluncuran luar angkasa yang menyebabkan penundaan peluncuran roket Starship Serial Number 9 (SN9) SpaceX.

“Tidak seperti divisi pesawatnya, yang baik-baik saja, divisi luar angkasa FAA memiliki struktur peraturan yang rusak secara fundamental," cuit Elon Musk, pada Januari 2021.

“Aturan mereka dimaksudkan untuk beberapa peluncuran yang dapat dibuang per tahun dari beberapa fasilitas pemerintah. Di bawah aturan itu, umat manusia tidak akan pernah sampai ke Mars,” cuitnya.

FAA tetap diam atas cuitan itu. Sementara Musk mengungkapkan rasa frustrasinya secara online, tetapi divisi tersebut mengatakan kepada DailyMail.com pada bulan Januari: "Kami akan terus bekerja dengan SpaceX untuk menyelesaikan masalah keamanan yang luar biasa sebelum kami menyetujui penerbangan uji berikutnya."

Meskipun tidak dinyatakan oleh FAA, penundaan tersebut mungkin disebabkan oleh uji terbang SpaceX sebelumnya dari Starship SN8 yang melakukan perjalanan sekitar tujuh mil ke udara dan kemudian meledak di landasan peluncuran dalam apa yang disebut Elon Musk sebagai “tes yang luar biasa.”

Sebulan kemudian, FAA mengumumkan akan mengawasi penyelidikan pendaratan darurat SN9 pada 2 Februari. SpaceX akhirnya meluncurkan SN9 untuk uji ketinggian pertama, tetapi roket besar tidak dapat bermanuver ke posisi vertikal sebelum mendarat di landasan peluncuran dan meledak saat mendarat.

Musk kembali berperang dengan FAA pada bulan Juli, ketika agensi tersebut memperingatkan SpaceX bahwa tinjauan lingkungannya terhadap menara baru di situs peluncuran Boca Chica di Texas tidak lengkap dan agensi tersebut dapat memerintahkan SpaceX untuk menurunkan menara tersebut.

Dengan tinjauan FAA terakhir, agensi harus menentukan apakah 'penemuan tidak signifikan' dapat dikeluarkan atau perlu melakukan tinjauan yang lebih intens - pernyataan dampak lingkungan yang akan membuat Starship lebih lama lagi untuk terbang.