Perusahaan Modal Ventura di Asia Investasi Bangun Aplikasi <i>Assembly</i> yang Mudahkan Siapa Saja Buat Jaringan <i>Blockchain </i>
Assembly jaringan blockchain baru yang mudahkan siapa saja dalam bisnis kripto. (foto: pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa perusahaan modal ventura terbesar di Asia dan dana lindung nilai (hedge fund) kripto akan menginvestasikan 100 juta dolar AS (Rp 1,4 triliun) lebih untuk mengembangkan aplikasi pada blockchain baru yang disebut Assembly  di bawah jaringan IOTA. Hal ini diutarakan oleh salah satu pendirinya, Dominik Schiener , kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

IOTA adalah jaringan buku besar terdistribusi yang mirip dengan blockchain. Assembly akan fokus pada keuangan terdesentralisasi (DeFI), token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT), dan permainan cryptocurrency, kata Schiener.

Proyek DeFi, memfasilitasi pinjaman dalam mata uang kripto di luar perbankan tradisional, dan NFT, yang merupakan aset digital yang disertifikasi sebagai unik dan tidak dapat dipertukarkan adalah dua sektor kripto yang tumbuh paling cepat.

Banyak perusahaan blockchain di seluruh dunia telah berputar untuk memenuhi ruang ini untuk memenuhi permintaan yang meningkat.

Assembly, jaringan kontrak pintar yang mirip dengan blockchain Ethereum yang diluncurkan oleh kelompok penelitian dan teknik yang berbasis di Berlin, IOTA Foundation bulan lalu, akan berfungsi sebagai jangkar untuk aplikasi DeFi, NFT, dan game.

Kontrak pintar adalah transaksi yang dijalankan sendiri yang hasilnya bergantung pada input yang telah diprogram sebelumnya.

Perusahaan investasi Asia yang dipimpin oleh LD Capital, Signum Capital, Huobi Ventures, UOB Venture Management, HyperChain Capital, dan Du Capital telah berkomitmen 100 juta dolar AS untuk mendanai pengembangan di jaringan Assembly, kata Schiener. Pembuat pasar Crypto GSR juga akan berkontribusi pada investasi 100 juta dolar AS, tambahnya.

Semua investor mengkonfirmasi investasi mereka dalam email dan pernyataan kepada Reuters.

Perusahaan-perusahaan ini juga mengambil bagian dalam pendanaan awal sekitar awal tahun ini yang mengumpulkan 18 juta dolar AS untuk Assembly.

Assembly sekarang menjadi jaringannya sendiri yang dibangun di atas IOTA dan memungkinkan siapa saja untuk membuat jaringan blockchain mereka sendiri. Jaringan blockchain ini dianggap aman dan terhubung melalui IOTA,” kata Schiener, kepada Reuters.

"Anda dapat menganggap Assembly sebagai jaringan-jaringan, di mana ada banyak blockchain yang sekarang diamankan dan terhubung melalui arsitektur yang sama," tambahnya.

Versi beta atau uji coba dari perakitan ini sudah aktif, kata Schiener, yang akan diluncurkan secara resmi tahun depan dengan tokennya sendiri. Pengembang, pencipta, dan kontributor awal Assembly akan diberi hadiah hampir 70% dari seluruh pasokan token.