Dennis Tito dan Istri, Bakal Jadi Turis Pertama yang Terbang dengan Roket Starship Mengelilingi Bulan
Dennis Tito dan istrinya, Akiko, bakal terbang mengelilingi Bulan. (foto: twitter @spacex)

Bagikan:

JAKARTA – Perusahaan luar angkasa SpaceX milik miliarder Elon Musk mengumumkan pada Rabu 12 Oktober bahwa mereka akan membawa turis luar angkasa pertamanya di dunia, Dennis Tito dan istrinya Akiko, untuk terbang mengelilingi bulan dengan roket Starship.

Tito (82 tahun), adalah seorang insinyur yang juga menjadi analis keuangan. Ia menjadi individu swasta pertama yang membayar perjalanan ke luar angkasa pada misi Soyuz TM-32 Rusia pada tahun 2001. Kala itu ia menghabiskan hampir delapan hari di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Perjalanan yang direncanakan untuk Tito sekitar seminggu bersama SpaceX adalah penerbangan dengan roket Starship yang hanya berjarak 200 kilometer dari bulan. Namun ia berkeliling dan tidak mendarat di permukaannya.

Tito dan istrinya adalah awak pertama yang diumumkan untuk penerbangan luar angkasa komersial seri kedua dari Starship  untuk mengelilingi bulan. Namun pihak  SpaceX tidak menyebutkan biaya yang harus ditanggung Tito untuk terbang dalam misi tersebut.

SpaceX belum mengumumkan tanggal pasti peluncuran Starship, yang menjadi fokus dan ambisi CEO Tesla Elon Musk untuk mengangkut manusia dan kargo ke bulan dan Mars. Namun, orang terkaya di dunia itu mengatakan dia mentargetkan untuk mengirim roket ke orbit untuk pertama kalinya pada awal bulan depan.

Beberapa perusahaan termasuk SpaceX dan Virgin Galactic yang didirikan oleh Richard Branson berusaha untuk membuat perjalanan ruang angkasa menjadi kenyataan, sementara Blue Origin milik Jeff Bezos saat ini menawarkan joyrides sub-orbital yang mencapai ketinggian sekitar 350.000 kaki (106 km).