Uji Orbit Pertama Starship SpaceX Diluncurkan Hari Ini, Catat Waktunya!
Starship terdiri dari dua bagian, pendorong tahap pertama Super Heavy dan Starship tahap atas (foto: dok. spacex)

Bagikan:

JAKARTA - SpaceX hari ini tengah bersiap untuk meluncurkan mega roket Starship-nya dalam misi uji penerbangan orbit pertamanya, tapi kapan peristiwa bersejarah ini akan berlangsung?

Starship terdiri dari dua bagian, pendorong tahap pertama Super Heavy dan Starship tahap atas dengan tinggi 120 meter yang saat ini sedang berdiri tegak di fasilitas Starbase SpaceX di Boca Chica, Texas, Amerika Serikat (AS).

Pesawat ruang angkasa itu tadinya dijadwalkan akan diluncurkan hari ini pada pukul 8 pagi EDT atau 19.00 WIB dengan waktu lepas landas 150 menit, jika cuaca mendukung.

Penerbangan tersebut meliputi uji orbit dengan mencoba mengirim Starship dalam satu putaran mengelilingi Bumi, selama 90 menit, yang berpuncak pada pendaratan di Samudra Pasifik dekat Pulau Kauai di Hawaii.

Sementara, NASA diklaim telah mencadangkan penggunaan pesawat WB-57 ketinggian tinggi untuk pengamatan penerbangan uji Starship tersebut.

Hal ini karena uji terbang pertama itu bertujuan sebagai sistem peluncuran yang dapat digunakan kembali sepenuhnya untuk misi ke Bulan dan Mars dalam perjanjian kerja sama SpaceX dan NASA.

SpaceX sendiri telah memenangkan kontrak hampir 3 miliar dolar AS (Rp44 triliunan) dari badan antariksa tersebut pada 2021, untuk proyek tersebut.

Namun, perusahaan milik Elon Musk itu tidak bisa berpuas diri, dia harus menyempurnakan desainnya, yang akan membantu uji penerbangan pertama ini.

Pada Februari lalu, SpaceX telah menyelesaikan uji tembak pendorong Super Heavy, yang memiliki 33 mesin Raptor di pangkalannya, sebagai salah satu langkah teknis terakhir menuju peluncuran.

Untuk menonton peluncuran Starship, klik di sini.