Volkswagen Akan Mengotomatisasi Pekerjaan Hingga 20-30% Produksi di Pabrik Trinity
VW Golf salah satu sedan yang akan diotomasasi pembuatannya. (foto: twitter @VW)

Bagikan:

JAKARTA - Volkswagen sedang mempertimbangkan untuk mengotomatisasi 20-30% produksi di pabrik Trinity yang akan datang, di dekat markas Wolfsburg. Hal ini diungkapkan oleh kepala produksi pabrik Sebastian Schmickartz pada Selasa, 11 Oktober.

"Perakitan masih 90% pekerjaan manual," kata Sebastian Schmickartz yang dikutip Reuters, dalam pertemuan puncak pemasok di Wolfsburg. "Inilah yang ingin kami ubah dengan pabrik baru. Kami melihat otomatisasi 20-30%."

Pabrik Trinity, tempat pembuat mobil Jerman ini akan membangun sedan listrik andalan baru, akan memulai produksi pra-seri pada tahun 2025, dengan produksi resmi dimulai pada tahun 2026.

“Kunci untuk mengotomatisasi lebih banyak lini perakitan akan beralih ke strategi berbasis modul,” kata Schmickartz. Hal ini memadatkan 50 bagian menjadi satu melalui teknik seperti die casting untuk menghasilkan modul front-end, back-end dan atap.

Kepala produksi merek Volkswagen, Christian Vollmer, mengatakan kepada Reuters awal tahun ini bahwa pabrik mobil ini berharap strategi produksi ini akan membantu meningkatkan produktivitasnya dan mempertahankan keunggulannya di pasar Eropa.

Teknik pengecoran dalam pembuatan mobil sudah dipopulerkan oleh Tesla sebagai alternatif dari metode yang lebih padat karya untuk merakit beberapa panel logam yang dicap dengan zona remuk untuk menyerap energi selama kecelakaan.