Volkswagen Tandatangani Perjanjian Untuk Mempercepat Integrasi Kendaraan Listrik ke Sistem Kelistrikan
Elli, Elia Group, dan re-alto tandatangani MoU kerja sama (foto: Elia Group)

Bagikan:

JAKARTA - Volkswagen melalui anak perusahaannya, Elli telah menandatangani MoU dengan perusahaan startup re.alto dan Elia Group di Berlin,  pada Jumat, 23 September. Ketiga perusahaan ini sepakat untuk menggabungkan aktivitas grup untuk menyoroti visi bersama mereka mengenai integrasi EV ke dalam jaringan listrik.

"Pesatnya pertumbuhan kendaraan listrik memperkuat kebutuhan akan kerja sama antara sektor kelistrikan dan mobilitas. Kami ingin memungkinkan peningkatan jumlah pengguna EV untuk mengisi EV mereka sambil menjaga keseimbangan sistem kelistrikan," kata CEO Elia Group, Chris Peeters dalam siaran persnya yang ada di website Elia Group. 

Peeters menambahkan bahwa baterai mobil ini juga akan dapat digunakan sedemikian rupa sehingga akan berkontribusi pada tingkat kenyamanan energi secara keseluruhan yang dialami oleh pengguna akhir. Setiap mitra akan menyumbangkan bidang keahlian tertentu untuk kegiatan yang akan mereka kembangkan. 

Elia Group akan menyumbangkan keahliannya terkait dengan pengetahuan tantangan dan peluang yang akan dihadapi oleh transisi energi hadir untuk sistem kelistrikan. 

Kemudian re.alto yang didirikan oleh pada tahun 2019 ini memiliki pengetahuan yang baik tentang pasar digital dan menghubungkan data energi dan produk digital bersama-sama melalui antarmuka pemrograman aplikasi. 

Sedangkan Elli, yang merupakan bagian dari Volkswagen dan didirikan pada 2018 ini akan membawa pengalamannya sebagai penyedia infrastruktur pengisian daya, layanan mobilitas, layanan fleksibilitas, dan listrik ke dalam kemitraan.

Elke Temme, CEO Volkswagen Group Charging GmbH (Elli) dan Senior Vice President Charging & Energy Volkswagen Group Technology mengatakan bahwa dengan menggunakan baterai kendaraan listrik sebagai bank daya penggerak setidaknya memberikan tiga manfaat, yaitu:

  • Memanfaatkan iklim karena energi terbarukan dapat disimpan dan karenanya digunakan lebih efisien
  • Manfaat jaringan listrik, karena mobil dapat berkontribusi terhadap stabilitas jaringan,
  • Pelanggan dapat memperoleh pendapatan tambahan dengan layanan vehicle-to-grid untuk mengeksplorasi manfaat dari pendekatan yang berpusat pada konsumen ini, kerja sama dengan Elia Group ini sangat penting bagi kami," jelas Temme. 

Penandatanganan MoU tersebut juga akan memperkuat dan memperluas hubungan antara 50 Hertz (anak perusahaan Elli Group di Jerman) dan Elli, yang telah bekerja sama sejak tahun 2020 dalam proyek-proyek yang berkaitan dengan penyeimbangan pasar cadangan.