Pendiri TRON, Justin Sun Ditunjuk Jadi Dewan Penasihat Global Huobi
Pendiri TRON, Justin Sun ditunjuk jadi dewan penasihat Huobi Global. (Foto; Dok. Coinkolik)

Bagikan:

JAKARTA – Platform pertukaran kripto Huobi Global didirikan di China pada 2013 dan telah membuka cabangnya di berbagai negara di dunia termasuk Jepang, Korea Selatan, dan AS. Beberapa pekan setelah Huobi mengumumkan perubahan struktur pemegang sahamnya, mencuat rumor yang menyatakan pendiri TRON, Justin Sun, sebagai pemilik bayangan bursa kripto tersebut.

Meskipun didirikan di China pada 2013, namun Huobi memutuskan untuk keluar dari China setelah pemerintahan Xi Jinping melarang aktivitas yang berkaitan dengan mata uang kripto pada 2021 lalu. Huobi mematuhi keputusan Beijing.

Kendati begitu, Sun membantah tudingan tersebut dan menyatakan bahwa perannya hanya terbatas sebagai penasihat global Huobi saja. Sebelumnya, pendiri Huobi, Leon Li dikabarkan berencana menjual saham mayoritasnya seharga lebih dari 1 miliar dolar AS dengan valuasi perusahaan sebesar 3 miliar dolar AS.

Menurut pernyataan terbaru, pemegang saham mayoritas Huobi, Li, mencapai kesepakatan dengan perusahaan investasi yang berbasis di Hong Kong, About Capital Management, untuk menjual seluruh sahamnya di bursa. About Capital akan mengendalikan saham mayoritas di Huobi Global. Menariknya, Justin Sun dikatakan sebagai investor inti dari dana M&A tersebut.

Colin Wu selaku jurnalis kripto terkemuka di China adalah yang pertama kali melaporkan informasi tersebut. Langkah itu menyiratkan bahwa Sun adalah pembeli sebenarnya saham tersebut yang bernilai 1 miliar dolar AS. Kendati begitu, Sun menilai bahwa klaim tersebut “salah” dan menegaskan bahwa dirinya didapuk sebagai penasihat Huobi Global saja, sebagaimana dilansir CryptoPotato.

“Saya merasa sangat terhormat ditunjuk sebagai anggota Dewan Penasihat Global Huobi Global dan bekerja dengan para pemimpin industri, akademisi, dan kebijakan untuk membantu membimbing dan menumbuhkan organisasi yang inovatif, bersemangat dan tangguh ini dalam bab terbaru dari ekspansi global. Berlayar penuh ke depan,” tulis Sun dalam postingan Twitter-nya baru-baru ini.

Pasca pembelian saham mayoritas tersebut, Huobi membentuk dewan penasihat global yang terdiri dari lima anggota termasuk salah satu pendirinya, Du Jun. Sementara yang lain adalah Wang Yang dari Universitas Sains dan Teknologi Hong Kong, CEO Valkyrie Investment Leah Wald, lalu pendiri About Capital Ted Chen, dan yang terakhir adalah Justin Sun dari TRON. Dewan penasihat ini rencananya akan memandu ekspansi bursa kripto Huobi ke tingkat global.