PHK Massal Industri Kripto, Kini Giliran Huobi Bakal Pangkas Lebih dari 30 Persen Karyawan
Huobi dikabarkan akan PHK karyawannya.(Huobi)

Bagikan:

JAKARTA – Salah satu jurnalis kripto asal China, Colin Wu, mengungkapkan bahwa salah satu bursa kripto besar akan memangkas lebih dari 30% karyawannya. Informasi tersebut disampaikan Wu pada pekan lalu.

Wu memaparkan bursa kripto tersebut adalah Huobi. Dia menyebut bahwa Huobi “akan memulai PHK, yang mungkin melebihi 30%.” Di tengah penurunan harga kripto secara keseluruhan dalam beberapa bulan terakhir, sejumlah perusahaan dari industri kripto seperti Coinbase, Blockfi, Gemini, Bitso, Buenbit, Rain Financial, Bybit, dan 2TM telah memecat karyawan mereka.

Penurunan harga kripto telah memicu pemangkasan karyawan di berbagai bursa kripto. Selain itu, inflasi dolar AS dan resesi ekonomi di negara tersebut juga memicu PHK besar-besaran tidak hanya di perusahaan kripto tapi di perusahaan fintech pada umumnya.

Wu menjelaskan alasan utama Huobi memberhentikan stafnya. Dia merinci bahwa kondisi market yang tidak menentu dan “penurunan tajam pendapatan setelah penghapusan semua pengguna China” menjadi penyebab utama keputusan Huobi. Meski begitu, Huobi belum mengeluarkan pengumuman resminya.

Menurut laporan Coindesk, juru bicara Huobi telah menjelaskan kepada reporter Oliver Knight dari platform berita kripto tersebut terkait keputusan perusahaan. Menurut jubir Huobi, pihaknya sedang dalam proses meninjau kebijakan perusahaan.  

“Karena lingkungan pasar saat ini, Huobi Global sedang dalam proses meninjau kebijakan perekrutan dan tenaga kerjanya saat ini, dengan tujuan menyelaraskannya kembali dengan kebutuhan operasionalnya. Lebih jauh dari tinjauan tersebut, PHK adalah suatu kemungkinan,” ujar pihak Huobi.

Selain itu, Colin Wu juga membagikan informasi terkait pendiri Huobi, Leon Li yang dilaporkan berencana menjual sejumlah perusahaan.

“Pendiri Huobi [Leon] Lin ingin menjual sahamnya di Huobi. Li Lin saat ini memegang lebih dari 50% saham,” ujar Wu di postingan Twitter pada 1 Juli 2022.

“Pemegang saham terbesar kedua Huobi adalah Sequoia China. Pendapatan Huobi anjlok setelah menghapus semua pengguna China dan memberhentikan staf,” tambahnya.

Bursa kripto Huobi memiliki pertumbuhan signifikan dalam satu tahun terakhir. Huobi adalah bursa kripto terpusat (centralized) yang menawarkan 577 aset kripto. Volume perdagangan kripto di Huobi juga telah menyentuh 856 juta dolar AS dalam perdagangan globalnya.