Binance Rekrut Karyawan di Saat Perusahaan Kripto Lain Lakukan <i>Layoff</i>
Binance rekrut karyawan di saat market crash. (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Market kripto yang anjlok dalam beberapa pekan terakhir mendorong para investor untuk menjauh dari aset kripto. Ambruknya market juga memicu perusahaan perdagangan kripto untuk melakukan pemangkasan karyawan, seperti yang dilakukan Crypto.com, Gemini, dan lainnya.

Di sisi lain, ketika sejumlah bursa kripto berbondong-bondong melakukan PHK, Binance dikabarkan melakukan perekrutan karyawan. Pendiri Binance, Changpeng Zhao menyatakan bahwa “musim dingin kripto” adalah saat yang tepat untuk mempekerjakan orang.

Sosok yang akrab disapa CZ itu menilai justru di saat pasar sedang bergejolak ini adalah waktu untuk meningkatkan investasi dan akuisisi. Lebih lanjut bos Binance memaparkan pihaknya “sedang memperluas perekrutan sekarang.”

Langkah tersebut berbeda dengan bursa kripto saingan Binance seperti Crypto.com, FTX, dan Coinbase yang santer dikabarkan menghentikan para staf perusahaan. Sekali lagi CZ mengaku sangat berhati-hati menggelontorkan dana dan meminimalisir pengeluaran hanya untuk promosi besar-besaran.

Menurut laporan CryptoPotato, CZ mencatat bahwa selama fase market bull tahun lalu, setiap orang memulai proyek mereka sendiri dan membayar “kompensasi yang konyol.” Namun, sekarang pasar menghadapi penurunan, Binance berencana untuk “memanfaatkan itu,” dan “menggunakannya secara maksimal.”

Laporan terbaru menyatakan bahwa selama penurunan market kripto, Coinbase berencana menghentikan upaya perekrutan karyawan. Kemudian Gemini mengumumkan untuk memangkas 10 persen karyawannya pasca melihat kegagalan market kripto untuk pulih dan dipicu oleh meningkatnya gejolak geopolitik dan makroekonomi. Tidak berhenti sampai di situ, perusahaan perdagangan kripto Bitmax juga memberhentikan 25 persen staf perusahaan.