Apa Itu Konversi Energi? Begini Proses dan Contoh Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari
Ilustrasi konversi energi (Unsplash/@publicpower.org)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Konversi energi telah membantu banyak hal dalam kehidupan atau aktivitas sehari-hari. Apa itu konversi energi? Konservasi energi adalah proses pengubahan suatu bentuk atau jenis energi menjadi energi yang lain. 

Hasil konservasi energi telah memudahkan dan mempercepat berbagai aktivitas dalam kehidupan, seperti melakukan pekerjaan, berkomunikasi, memproduksi barang, dan sebagainya. 

Lalu seperti apa proses konversi energi dan contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari?

Apa Itu Konversi Energi

Konversi energi adalah proses pengubahan suatu bentuk energi menjadi energi dalam bentuk lain. Energi memiliki arti sebagai kekuatan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu, seperti menghasilkan gerak, kerja, dan tenaga.

Ada beberapa jenis energi yang bisa dikonversikan. Drs. Kandi, M.A., dan Drs. Yamin Winduono, M.Pd., dalam buku Energi dan Perubahannya menyebutkan bermacam-macam energi sebagai berikut. 

Energi Listrik 

Energi listrik adalah daya atau tenaga dalam bentuk listrik. Energi listrik adalah daya atau kekuatan yang dihasilkan dari adanya pergesekan atau proses kimia. 

Energi Kimia

Energi kimia adalah energi yang diserap atau dibebaskan dalam reaksi kimia selama penguarian atau pembentukan senyawa. 

Energi Cahaya

Energi cahaya adalah energi dari radiasi gelombang elektromagnetik yang berupa sinar.

Energi Bunyi

Energi bunyi adalah bentuk energi yang dihasilkan oleh getaran partikel-partikel udara di areal sumber bunyi. 

Energi Nuklir

Energi nuklir adalah energi yang dihasilkan oleh proses perubahan massa nuklir. 

Energi Potensial

Energi potensial adalah energi yangada pada suatu benda karena letak benda itu dalam medan gaya. Beberapa bentuk energi potensial, yaitu energi gravitasi, energi pegas, dan sebagainya. 

Energi Kinetik

Energi kinetik adalah energi gerak. Benda-benda yang ada di dunia ini sebagian besar mempunyai energi kinetik. Energi ini juga muncul karena adanya konversi dari energi lain. 

Energi Mekanik

Energi mekanik gabungan total dari energi kinetik dan potensial. Jenis energi ini biasanya ditemukan pada benda yang jatuh bebas. 

Contoh Konversi Energi Listrik dalam Kehiduan Sehari-hari

Konversi energi sudah dilakukan sejak lama dan masih akan terus dilakukan. konversi energi telah membuat terciptanya banyak penemuan dalam segala bidang, baik teknologi, pertanian, keuangan, dan sebagainya. Berikut contoh penggunaan konversi energi dalam kehidupan sehari-hari. 

Energi Gerak

Energi gerak dikonversi menjadi energi listrik, seperti kincir angin, dinamo, pembangkit listrik tenaga angin, dan sejenisnya. Energi gerak yang dikonversi menjadi energi bunyi seperti tepuk tangan, enghentakan kaki, bersiul, dan sebagainya. Energi gerak menjadi energi panas, seperti menggosokkan tangan hingga terasa hangat.

Energi Panas

Energi panas dikonversi menjadi energi cahaya, seperti, kembang api, obor api, dan sebagainya. Energi panas menjadi energi listrik, seperti PLTS, teknologi termoelektrik, dan lainnya. 

Energi Listrik

Energi listrik dikonversi menjadi energi panas, seperti kompor listrik, setrika, magicom, dan sebagainya. Energi listrik menjadi energi bunyi, seperti radio, televisi, pemutar CD, dan lainnya. Energi listrik menjadi energi cahaya seperti bohlam, dan lampu. Energi listrik menjadi energi gerak, seperti kipas angin, mobil listrik, magicom, dan lainnya.  

Energi Kimia

Energi kimia dikonversi menjadi energi panas, seperti bahan bakar atau minyak tanah. Energi kimia menjadi energi gerak, seperti bbm menggerakkan kendaraan, organ pencernaan mencerna makanan. 

Energi Cahaya 

Energi cahaya dikonversi menjadi energi listrik, seperti panel surya pada PLTS. Energi cahaya menjadi energi panas, seperti menjemur pakaian, membuat garam, mengeringkan ikan, dan sebagainya. Energi cahaya menjadi energi kimia, seperti proses fotosintes tumbuhan, pencucian foto, dan sebagainya. 

Itulah proses konversi energi dan contoh pengunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Konversi energi membantu berbagai sektor kehidupan, tidak hanya pada kebutuhan seseorang namun juga oran lain.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.