Bagikan:

YOGYAKARTA - Energi bunyi sangat dekat dengan segala aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Bentuk energi ini yang menghasilkan suara-suara yang bisa didengar oleh telinga kita. Munculnya bunyi tersebut dikarenakan adanya getaran atau gesekan yang merambat melalui udara. Lantas apa itu energi bunyi dan contoh-contohnya?

Pernahkan Anda terpikirkan pertanyaan dari mana asal-usul bunyi dan mengapa bunyi bisa muncul? Bunyi merupakan sebuah getaran yang berada atau lewat udara. Semua hal yang bisa bergetar dipastikan dapat menghasilkan sebuah suara. Semua benda memiliki kemampuan untuk menghasilkan bunyi yang bisa didengar. 

Sebagai energi yang berhubungan dengan segala aktivitas manusia, penting untuk mengetahui apa itu energi bunyi dan seperti apa bentuk atau contohnya?

Pengertian Energi Bunyi

Energi bunyi adalah sebuah getaran dapat menghasilkan suara atau bunyi tertentu. Sesuatu yang disebut sebagai energi bunyi terjadi karena kemampuan yang dipengaruhi oleh bunyi. Jadi energi bunyi tidak semata-mata berasal dari alat musik. Bermacam-macam benda yang bisa menghasilkan bunyi dapat disebut sebagai sumber bunyi. 

Dikutip dari buku Modul Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV yang ditulis Anita Nungki Ernawati (2018:98), energi bunyi adalah kemampuan untuk menghasilkan suara yang bisa didengar oleh telinga. Kemampuan energi yang dimaksud yakni berasal dari benda yang bergetar, bertabrakan, ataupun bergesekan. 

Suara berasal dari sumber bunyi yang terhantar atau merambat sampai ke pendengar. Bunyi bisa merambat atau lewat melalui beberapa medium perantara, seperti udara, zat cair, benda padat. Bunyi yang merambat melalui zat cair dan benda padat bisa terdengar lebih jelas dibandingkan bunyi yang melewati udara. 

Gelombang bunyi adalah gelombang mekanik dapat terhantar atau merambat lewat medium. Gelombang bunyi ini juga kerap disebut sebagai gelombang longitudinal. Aneka ragam suara yang dihasilkan dari gelombang bunyi contohnya klakson kendaraan, kicau burung, pesawat terbang, orang berbicara, kereta api, dan lainnya. Semua suara tersebut bisa kita dengar lantaran terdapat sumber suara atau bunyi.

Jenis-Jenis Energi Bunyi

Jenis energi bunyi bisa digolongkan menjadi tiga macam, yaitu audiosonik, infrasonik, dan ultrasonik. Berikut ini penjelasan dari jenis-jenis energi bunyi:

Audiosonik

Audiosonik adalah jenis bunyi yang bisa didengar oleh manusia. Energi bunyi ini memiliki Jumlah getaran antara 20 hingga 20.000 getaran per detik. Jenis bunyi ini tidak hanya didengar oleh manusia, namun juga dapat didengar oleh beberapa hewan.

Infrasonik

Infrasonik adalah jenis energi bunyi yang kemampuannya paling lemah. Jenis bunyi ini memiliki getaran dalam energi infrasonik kurang dari 20 getaran per detik. Lantaran sifatnya yang lemah, bunyi ini tidak bisa didengar oleh manusia. Namun ada hewan-hewan tertentu seperti jangkrik, anjing, dan angsa yang bisa mendengar bunyi ini. 

Ultrasonik

Ultrasonik adalah jenis energi bunyi yang sangat kuat. Level dari bunyi ini berada di atas jenis bunyi audiosonik. Bunyi ini memiliki getaran ultrasonik tercatat lebih dari 20.000 getaran per detik. Bunyi ini tidak bisa didengar oleh manusia. Hanya beberapa hewan seperti lumba-lumba dan kelelawar yang bisa menangkap suara bunyi ini. 

Contoh Energi Bunyi

Contoh energi bunyi sangat banyak ada di sekeliling manusia atau bahkan kita gunakan atau hasilkan sehari-hari. Setiap benda yang bergetar atau mengalami gesekan akan menghasilkan bunyi yang dinamakan sebagai sumber bunyi. 

Diambil dari buku Arif Cerdas untuk Sekolah Dasar Kelas 4 terbitan Tim Arif (2020: 10), berikut ini beberapa contoh sumber bunyi:

  • Pita suara manusia dihasilkan karena adanya getaran pada pita suara
  • Gitar dihasilkan dengan menarik senarnya
  • Keyboard dihasilkan dari sumber energi listrik
  • Harmonika dihasilkan dengan cara ditiup
  • Bass dihasilkan dengan memetik senarnya
  • Biola dihasilkan dengan cara menggesek senarnya
  • Suling dihasilkan dengan cara ditiup
  • Drum dihasilkan dengan cara dipukul

Demikianlah ulasan mengenai pengertian energi bunyi dan contoh-contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Energi bunyi memiliki manfaat dalam berbagai kebutuhan atau bidang tidak hanya musik. Energi bunyi juga digunakan dalam bidang kesehatan, teknologi, penelitian, dan lainnya. Baca juga apa itu konversi energi dan contohnya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.