Bagikan:

YOGYAKARTA - Energi merupakan kemampuan buat melakukan suatu usaha. Energi yang dipunyai benda memiliki berbagai macam wujud, salah satunya merupakan energi kinetik.

Buat memahaminya, ikuti pengertian, rumus, serta contoh soal energi kinetik berikut ini yang dirangkum dari berbagai sumber.

Pengertian Energi Kinetik

Energi kinetik ialah energi gerak yang juga disebut selaku tenaga dalam gerakan ataupun tenaga yang berhubungan dengan pergerakan suatu benda, seperti dilansir dari buku Ensiklopedia Rumus Fisika SMA Kelas 1, 2, 3.

Besar kecilnya energi kinetik yang terdapat pada sesuatu benda bergantung dari massa serta kecepatan ataupun kelajuan benda tersebut.

Mengutip buku berjudul Energi serta Perubahannya yang diterbitkan PPPTK IPA karya Drs. Kandi,M.A., serta Drs.Yamin Winduono,M.Pd., energi kinetik sesuatu benda berbanding lurus dengan massa benda serta kecepatan kuadratnya.

Bila suatu benda bergerak semakin cepat, maka energi kinetik dari barang tersebut bakal semakin besar pula, begitu pula kebalikannya.

Contoh energi kinetik dalam kehidupan sehari-hari antara lain, kincir angin yang bergerak, mobil yang bergerak, bersepeda, bermain yoyo, peluru yang ditembakkan, serta sebagainya.

Contoh Energi Kinetik

1. Energi Suara

Jenis energi kinetik yang pertama merupakan energi suara. Seperti yang kalian tahu, kalau suara merupakan getaran ataupun gerakan yang berasal dari bermacam macam material, seperti udara serta air.

Contoh dari energi suara yaitu ketika seorang lagi mendengarkan sebuah gong yang ditabuh ataupun dipukul, apabila dicermati gong tersebut bisa menghasilkan suara sebab ada pemicunya yakni ditabuh.

Tabuhan dari gong tersebutlah yang menimbulkan getaran merambat, sehingga menciptakan sesuatu bunyi yang khas dari gong.

Energi suara bisa tercipta bila ada barang yang bergetar. Getaran dari barang itulah yang menyebabkan terdapatnya gelombang suara. Tetapi, gelombang suara wajib berpindah dengan memakai udara dan air, supaya bisa didengar oleh manusia.

2. Energi Radiasi

Energi radiasi ialah salah satu tipe energi kinetik yang biasa diucap pula selaku energi elektromagnetik. Contohnya ketika kalian mendengarkan radio, itu artinya kaliam lagi menggunakan energi elektromagnetik yang lagi terjadi. Energi radiasi masuk dalam berbagai jenis energi kinetik sebab radiasi pula alami pergerakan selama terjadi proses perubahan energi.

Walaupun tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, akan tetapi radiasi sesungguhnya ada di sekitar kehidupan manusia. Radiasi mempunyai beragam manfaat, akan tetapi wajib dalam jumlah yang tepat.

Sebab radian yang keluar dalam jumlah yang besar dan cepat terlepas di udara, malah bakal menyebabkan hal berbahaya semacam kematian. Pada umumnya, radiasi ataupun proses pelepasan energi bisa berpindah dalam wujud partikel ataupun sinar.

Contohnya yaitu matahari yang jadi sumber energi yang meradiasi energinya lewat partikel serta cahaya. Radiasi mempunyai 2 tipe.

Pertama yaitu radiasi non ion yakni radiasi yang dipancarkan lewat gelombang, semacam gelombang radio, ultraviolet ataupun gelombang suara. Radiasi tersebut pula membuat benda yang lainnya semacam radio, ponsel, microwave ataupun mesin ultrasound bisa bekerja.

Radiasi non ion mempunyai tingkatan spektrum elektromagnetik yang cenderung lebih rendah. Walaupun radiasi non ion dalam jumlah yang besar tetap bisa beresiko untuk manusia. Akan tetapi, radiasi non ion tidak bisa merubah kimia molekul pada manusia ataupun benda.

Tipe energi radiasi yang kedua ialah radiasi ion. Beberapa sumber dari energi radiasi ion yang natural merupakan sinar kosmik dari matahari, bintang dan elemen dalam tanah.

3. Energi Panas

Kalian mungkin bingung, apakah energi panas termasuk tipe energi kinetik? Jawabannya pasti iya, mungkin Kalian bingung, bagaimana energi panas masuk dalam energi kinetik serta bagaimana proses gerak dari energi kinetik yang merubah ataupun menciptakan tenaga panas?

Perlu diketahui kalau energi panas mempunyai molekul dan atom yang mempunyai gerak kilat serta atom dan molekul tersebut saling bergesekan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalau energi kinetik bisa dihasilkan dari usaha gerak oleh suatu benda.

4. Energi Mekanik

Jenis energi gerak yang terakhir yaitu energi mekanik yang ditaruh dalam suatu benda ataupun pada objek- objek tertentu. Pada saat ada suatu barang bergerak dengan cepat ataupun kencang, maka energi yang bakal dihasilkan juga bakal semakin besar.

Contohnya ialah roda. Pada saat kalian mengayuh sepeda ataupun memakai sepatu roda, semakin cepat kalian mengayuhnya, maka semakin cepat pula sepeda ataupun sepatu roda tersebut bergerak. Begitu pula kebalikannya, sepeda bakal bergerak pelan bila Kalian mengayuh pedal dengan pelan.

Bicara soal energi ada baiknya kalian membaca: “Apa Itu Konversi Energi” deh sebagai refrensi tambahan.

Jadi setelah mengetahui energi Kinetik, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!