Bagikan:

YOGYAKARTA - Energi mekanik merupakan salah satu ilmu fisika yang penting untuk dipahami atau dipelajari. Contoh-contoh energi mekanik sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Energi mekanik adalah energi yang terdapat pada benda karena gerak dan posisinya. Lantas apa itu energi mekanik dan seperti apa penjelasannya?

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa suatu benda bisa bergerak dan bagaimana prosesnya. Pergerakan dan posisi suatu benda bisa dijelaskan dengan energi mekanik. Contoh energi mekanik yang ada di sekeliling kita, misalnya mengayuh sepeda, memutar kenop pintu, perputara kincir angin, pistol mainan, mesin uap, dan sebagainya. 

Untuk memahami gambaran sederhana dari energi mekanik, Anda bisa melihat suatu benda akan berpindah dari posisi awal ke posisi tujuan karena gerak energi mekanik. Supaya lebih memahami pengertian energi mekanik, simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Energi Mekanik?

Energi mekanik adalah energi yang ada pada suatu benda karena gerak dan posisinya. Energi ini merupakan gabungan dari energi kinetik dan energi potensial yang terdapat pada suatu benda. Sifat energi mekanik memiliki nilai yang selalu tetap, sementara energi kinetik dan dan energi potensialnya selalu berubah-ubah. 

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, energi mekanik terjadi saat suatu objek bergerak atau mengalami perubahan gaya akibat energi yang ditransfer oleh objek lain dan digunakan sebagai energi penggeraknya. Jadi perpindahan suatu benda dari posisi awal ke posisi akhir atau posisi tujuan disebabkan oleh gerak menggunakan energi mekanik. 

Energi mekanik umumnya dimiliki oleh benda bergerak atau benda dengan ketinggian tertentu. Ketika objek bergerak semakin cepat dan posisinya semakin tinggi maka energi mekanik yang dimiliki juga lebih besar. 

Contoh Energi Mekanik

Energi mekanik banyak dijumpai dalam aktivitas manusia sehari-hari. Contoh energi mekanik misalnya bermain ayunan, melompat, atau memukul dan menendang bola. Energi mekanik bisa berubah menjadi bentuk energi lain, seperti energi panas, energi bunyi, dan energi cahaya. 

Rumus Energi Mekanik

Rumus energi mekanik penting untuk dipahami, terlebih bagi Anda yang mengambil studi di bidang Fisika atau bekerja dalam bidang terkait. Energi mekanik memiliki rumus sebagai berikut:

EM = EK + EP

Keterangan:

  • EM adalah energi mekanik
  • EK adalah energi kinetik
  • EP adalah energi potensial.

Unsur-Unsur Energi Mekanik

Energi mekanik terbentuk dari jumlah energi kinetik dan energi potensial pada suatu benda. Berikut ini unsur-unsur energi mekanik yang penting untuk Anda ketahui:

Energ Kinetik

Energi kinetik adalah energi yang terdapat pada benda karena gerakan yang dimiliki. Terbentuknya energi kinetik bergantung dari massa dan kecepatan benda tersebut. Rumus energi kinetik yakni EK = 1/2mv. Simbol ‘EK’ adalah energi kinetik (Joule), ‘m’ adalah massa benda (kg), dan ‘v’ adalah kecepatan benda (m/s).

Energi Potensial

Energi potensial adalah energi yang terdapat pada benda karena posisi atau keadaannya. Terbentuknya energi ini bergantung dari jenis gaya yang bekerja pada benda. Terdapat dua jenis energi potensial, yaitu energi potensial gravitasi dan energi potensial elastis.

Energi Potensial Gravitasi

Energi potensial gravitasi adalah energi yang terdapat pada benda karena ketinggiannya terhadap permukaan bumi. Terbentuknya energi ini bergantung dari massa, ketinggian, dan percepatan gravitasi benda. Rumus energi potensial gravitasi yakni EP = mgh. Simbol ‘EP’ adalah energi potensial gravitasi (Joule), ‘m’ adalah massa benda (kg), ‘g’ adalah percepatan gravitasi (9,8 m/s), dan ‘h’ adalah ketinggian benda (m).

Energi Potensial Elastis

Energi potensial elastis adalah energi yang terdapat pada benda karena kemampuannya untuk kembali ke bentuk semula setelah ditarik atau ditekan. Terbentuknya energi ini bergantung dari konstanta pegas dan perubahan panjang pegas. Rumus energi potensial elastis yakni EP = 1/2kx. Simbol ‘EP’ adalah energi potensial elastis (Joule), ‘k’ adalah konstanta pegas (N/m), dan ‘x’ adalah perubahan panjang pegas (m).

Demikianlah ulasan mengenai pengertian energi mekanik dan contoh-contohnya. Rumus energi mekanik penting untuk dipahami bagi Anda yang mengambil studi jurusan Fisika atau siswa yang mendapat mata pelajaran Fisika. Baca juga apa itu konversi energi dan contoh penerapannya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.