Energi Nuklir: Pengertian dan Contohnya
Ilustrasi PLTN (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Energi nuklir adalah salah satu energi potensial yang bisa digunakan sebagai alternatif pemenuhan energi manusia.

Artikel ini akan memberikan informasi dan gambaran tentang apa itu energi nuklir hingga pemanfaatannya dalam kehidupan manusia.

Pengertian Energi Nuklir

Energi nuklir adalah sebuah bentuk energi yang didapat melalui reaksi nuklir. Energi ini dihasilkan lewat dua macam mekanisme yakni pembelahan inti (reaksi fisi) dan penggabungan beberapa inti lewat reaksi fusi.

Sedangkan reaksi fisi nuklir adalah reaksi yang berupa pembelahan inti atom karena adanya tubrukan antar atom hingga menghasilkan energi dan atom baru dengan massa kecil. Reaksi ini juga menghasilkan radiasi elektromagnetik. Pada reaksi ini unsur yang kerap dipakai yakni plutonium dan uranium. Contoh reaksi fisi nuklir adalah senjata nuklir atau PLTN.

Reaksi fusi nuklir ialah reaksi yang berupa peleburan dua atau lebih inti atom jadi atom baru sehingga menghasilkan energi. Reaksi ini juga biasa disebut dengan reaksi bersih yang menggunakan unsur litium dan hidrogen. Contoh reaksi fusi nuklir adalah reaksi yang terjadi di inti bintang alam semesta.

Keunggulan Energi Nuklir

Nuklir saat ini jadi salah satu sumber energi alternatif yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Ada beberapa keunggulan energi nuklir yakni sebagai berikut.

  1. Rendah Karbon

Energi nuklir hanya menghasilkan karbon yang rendah dibanding energi yang bersumber dari pembakaran batu bara atau minyak bumi. Karena hal ini nuklir kerap digaungkan jadi energi baru terbarukan yang punya potensi besar namun ramah lingkungan.

  1. Tenaga yang Dihasilkan Besar

Pembangunan reaktor nuklir untuk menyediakan kebutuhan listrik cukup besar sehingga dapat dimanfaatkan oleh manusia.

  1. Kapasitas Hampir Tidak Terbatas

Seperti diketahui, pemenuhan energi untuk manusia bersumber dari nuklir dilakukan dengan reaksi fisi. Dalam reaksi tersebut dibutuhkan uranium. Di sisi lain ketersediaan uranium masih sangat besar. Bahkan, uranium bisa didapatkan lewat ekstraksi air laut sehingga pasokannya tak ada habisnya. Alasan itulah mengapa energi nuklir bisa diproduksi dengan jumlah besar bahkan cenderung tidak terbatas.

Contoh Energi Nuklir

Manusia telah melakukan pengembangan pengetahuan tentang energi nuklir. Berikut ini beberapa contoh penggunaan energi nuklir dalam kehidupan sehari-hari.

  1. PLTN

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) jadi salah satu bukti nyata kebermanfaatan nuklir. PLTN akan menggunakan nuklir untuk menghasilkan panas hingga menghasilkan listrik yang bisa disalurkan untuk berbagai kebutuhan.

Sekadar informasi, pemerintah Indonesia pun tengah melakukan pembangunan PLTN di Kalimantan Barat.

  1. Penggerak Turbin Kapal

Kapal selam nuklir ternyata memakai reaktor nuklir sebagai sumber energi utama. Reaksi nuklir yang ada pada reaktor akan menghasilkan panas. Energi panas itu kemudian dipakai sebagai penggerak turbin sehingga kapal bisa melaju.

  1. Alat Medis

Teknologi nuklir juga digunakan di bidang kesehatan. Beberapa alat medis yang menggunakan nuklir seperti kamera gamma yakni sebuah alat yang mampu menampilkan pencitraan di tubuh manusia. Dokter menggunakan alat untuk membantu mereka mendiagnosa penyakit hingga memantau fungsi jantung.

  1. Sebagai Senjata

Nuklir tidak hanya mampu menopang kehidupan, namun dapat digunakan sebagai senjata. Nuklir mampu menghasilkan ledakan yang besar yang mampu melenyapkan makhluk hidup.

  1. Menunjang Penelitian

Nuklir juga dimanfaatkan dalam penggalian ilmu pengetahuan. Beberapa bidang yang menggunakan nuklir seperti fisika nuklir, analisis radiasi, dan masih banyak lagi.

 Itulah beberapa informasi terkait energi nuklir. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.