Cara Melihat Persentase Baterai di iPhone 13 yang Masih Menggunakan iOS 15
Cara lihat persentase baterai di iPhone 13 (foto; Usnplash)

Bagikan:

JAKARTA - Persentase baterai di smartphone bisa dibilang diperlukan untuk dapat memperkirakan kapan smartphone Anda harus di chargeSelain itu, persentase baterai juga berfungsi agar Anda dapat berjaga-jaga jika sewaktu-waktu Anda sedang mengerjakan sesuatu yang sangat penting namun smartphone tiba-tiba mati. 

Mungkin, di semua smartphone Android Anda dapat mengubah opsi untuk menampilkan persentase baterai, namun tidak dengan perangkat iOS

Seperti yang dicatat oleh TechCrunch, indikator baterai ini sebenarnya sudah memulai debutnya pada era iPhone 3GS, namun itu menghilang di sekitar era iPhone X atau iOS 11 pada tahun 2017.

Tapi sekarang, Apple menghadirkan kembali indikator baterai untuk iOS 16. Tapi, indikator tidak akan muncul secara default di perangkat Anda, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu di pengaturan. 

Namun jika Anda memiliki iPhone 13 dan masih menggunakan iOS 15, Anda dapat melakukan cara-cara berikut ini untuk melihat persentase baterai Anda. 

Lihat Persentase Baterai di Pusat Kontrol

Cara tercepat untuk menampilkan persentase baterai adalah dengan pergi ke Pusat Kontrol. Geser ke bawah dari sudut kanan atas layar iPhone 13 Anda untuk melakukannya. Anda akan melihat persentase baterai iPhone 13 Anda tepat di sebelah ikon baterai di bilah status.

Tambahkan Widget Baterai

Metode lain untuk yaitu dengan menambahkan widget baterai. Anda dapat mengatur iPhone 13 untuk menampilkan persentase baterai di Tampilan Hari Ini atau di Layar Utama Anda.

Untuk menambahkan widget baterai ke Tampilan Hari Ini, pastikan iPhone 13 Anda tidak terkunci dan buka Tampilan Hari Ini dengan menggesek ke kanan di halaman pertama Layar Utama Anda. Sekarang, gulir ke bawah dan ketuk Edit . Selanjutnya, ketuk ikon plus (+) di kiri atas. Temukan widget Baterai menggunakan bilah pencarian dan ketuk Tambahkan Widget. 

Tekan lama widget, seret ke lokasi yang Anda inginkan di halaman Tampilan Hari Ini, dan ketuk Selesai untuk menyimpan perubahan Anda.

Minta Siri untuk Lihat Persentase Baterai

Daripada mencarinya sendiri, Anda bisa meminta bantuan Siri untuk menampilkan persentase baterai ponsel Anda. 

Anda dapat melanjutkan dan mengatakan "Hai Siri" diikuti dengan pertanyaan seperti "Berapa persentase baterai?". Siri kemudian akan merespons dengan tingkat baterai iPhone 13 Anda saat ini.

Colokan Pengisi Daya iPhone

Cara termudah untuk melihat persentase baterai adalah dengan men-charge ponsel Anda. Dengan begitu, Anda akan dapat melihat persentase baterai di layar kunci. 

Perbarui ke iOS 16

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, Apple kembali menghadirkan indikator baterai ke iOS 16, untuk itu jika Anda ingin melihat persentase baterai, cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah memperbarui iPhone Anda ke iOS 16.