Aplikasi Screencast untuk Chrome OS Memungkinkan Guru Rekam Secara Otomatis Video Pembelajaran
Google menambahkan aplikasi Screencast di Chrome OS. (foto: dok. google)

Bagikan:

JAKARTA - Google menambahkan aplikasi Screencast di Chrome OS untuk membantu pengajar dan siswa lebih efektif dan mudah dalam kegiatan belajar mengajar. 

Dengan aplikasi Screencast, guru dapat merekam, memangkas, menyalin, dan membagikan rekaman video instruksional atau kelas langsung dengan transkripsi dan terjemahan bawaan.

Di sisi lain, siswa dapat menggunakan Screencast untuk merekam video laporan, presentasi, atau untuk mengakses pelajaran meski dari jarak jauh, karena semua rekaman diunggah secara otomatis ke Google Drive dan dapat diakses melalui tautan ke aplikasi Screencast. 

Selain itu, ada juga fitur Cast Moderator. Fitur ini memungkinkan guru dan siswa berbagi layar untuk membagikan presentasi, video, atau lembar kerja, secara wireless ke layar pusat, menggunakan kode akses. 

Untuk fitur ini, sebagai guru, Anda hanya memerlukan melakukan cast seperti biasa ke Google TV, dan undang siswa Anda untuk membagikan layar mereka menggunakan kode akses aman. 

Tidak perlu khawatir jika ada kekacauan selama presentasi, karena guru bisa mengontrol jalannya kelas. Guru dapat mengaktifkan atau menonaktifkan transmisi menggunakan remote perangkat dan mengharuskan siswa menggunakan kode setiap kali mereka terhubung.

Yang terakhir, Google mengumumkan kerja samanya dengan Figma, perangkat lunak desain kolaboratif berbasis browser terkemuka untuk mengoptimalkan kinerja Chromebook. 

"Melalui kemitraan ini, kami berharap dapat membekali siswa dengan keterampilan komunikasi visual, pemecahan masalah, dan kolaborasi yang mereka butuhkan untuk berkembang di dunia yang mengutamakan digital," kata Andy Russel, Manajer Produk Grup, Chrome OS dalam blognya. 

Russel juga mengumumkan bahwa Figma beta gratis untuk sekolah menengah di AS menggunakan Chromebook. Mulai 7 Juni, Anda dapat mendaftar untuk berpartisipasi dalam Figma beta yang diluncurkan akhir musim panas ini.