China Berang, Aplikasi Produk Mereka Banyak Dilarang di India
India baru-baru ini telah memblokir akses ke 54 aplikasi seluler, terutama yang berasal dari China. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - India baru-baru ini telah memblokir akses ke 54 aplikasi seluler, terutama yang berasal dari China. Menurut sumber pemerintah negara itu kepada Reuters, pemblokiran atau larangan itu dilakukan karena alasan keamanan.

Kontan, keputusan pemerintah India itu membuat pemerintah China berang. Pada Kamis, 17 Februari, pihak Beijing langsung menyatakan keprihatinannya yang sangat serius mengenai larangan yang dilakukan oleh pemerintah India atas aplikasi produk China dengan alasan keamanan.

Dilaporkan oleh Reuters, pihak Beijing juga menambahkan bahwa pihaknya berharap India akan memperlakukan semua investor asing, termasuk perusahaan China, secara transparan, adil dan tidak diskriminatif.

"Kami berharap India dapat mengambil langkah-langkah nyata untuk menjaga momentum perkembangan yang baik dari kerja sama ekonomi dan perdagangan bilateral," Gao Feng, juru bicara Kementerian Perdagangan, mengatakan pada konferensi pers.

China dan India, dua negara yang  memiliki penduduk terpadat di dunia, selama ini memang memiliki hubungan politik yang tidak harmonis. Terutama menyangkut wilayah Tibet yang membuat kedua negara selalu bersitegang.

Jika ditambah larangan aplikasi China yang dituduh mematai-matai rakyat India, maka hubungan kedua dipastikan bakal semakin runyam.

Namun ini bukan pertama kali, produk aplikasi China  dilarang di negara lain. Sebelumnya Amerika Serikat telah melarang Huawei dan memasukkannya ke daftar hitam karena dicurigai digunakan untuk mematai-matai AS.