Pabrik Mobil Listrik Baru Menantang Dominasi Tesla di Los Angeles Auto Show
Fisker Ocean memenangkan mobil crossover dalam survei pelanggan. (foto; twitter)

Bagikan:

JAKARTA – Produsen mobil yang tengah mengejar dominasi kendaraan listrik dari Tesla Inc.  Di Los Angeles Auto Show mereka mengungkapkan kendaraan sport listrik baru yang lebih terjangkau dan lebih besar, kini terus berlomba untuk memenuhi salah satu segmen pasar AS yang tumbuh paling cepat itu.

Kia Motors menjuluki Tesla dengan nama di acara itu, dan mengumumkan bahwa crossover listrik EV6 yang akan datang dapat mengalahkan rekor Tesla untuk waktu pengisian daya terpendek, saat mengemudi di seluruh Amerika Serikat, lebih dari lima jam.

Kia dan afiliasinya Hyundai Motor juga meluncurkan konsep kendaraan sport listrik tiga baris yang besar, EV9 dan SEVEN. Model-model ini diharapkan mulai diproduksi sekitar tahun 2024, kata dua orang yang mengetahui masalah tersebut.

"Mereka (Tesla) memiliki penjualan yang kuat dan mereka memiliki kesadaran publik yang sangat baik. Tapi tidak semuanya untuk semua orang. Jadi harus selalu ada alternatif," kata Michael McHale, direktur pengalaman merek Kia.

Fokus pada SUV listrik mencerminkan preferensi yang kuat di antara konsumen AS untuk SUV, yang biasanya dijual dengan harga lebih tinggi daripada sedan berukuran serupa. SUV besar merupakan segmen terlaris di pasar AS, kata para eksekutif dan analis industri.

"EV beralih dari kotak ekonomis ke kendaraan aspirasional ke jantung pasar," Brett Smith, direktur teknologi di Center for Automotive Research.

Penantang Tesla juga bertaruh pada fitur-fitur baru seperti layar dasbor yang berputar di Fisker Ocean SUV untuk membedakan diri mereka dari yang lain.

Henrik Fisker, kepala eksekutif Fisker Inc, mengatakan Ocean akan menjadi mobil produksi pertama dengan layar yang beralih antara orientasi vertikal dan horizontal.

"Kami mengajukan paten untuk itu," katanya kepada Reuters. Mereka juga, menambahkan layar khusus yang akan dipasok oleh Foxconn Technology Co Ltd, yang juga akan memproduksi SUV listrik Fisker di Amerika Serikat.

Produsen mobil yang tengah mengejar dominasi kendaraan listrik dari Tesla Inc.  Di Los Angeles Auto Show mereka mengungkapkan kendaraan sport listrik baru yang lebih terjangkau dan lebih besar, kini terus berlomba untuk memenuhi salah satu segmen pasar AS yang tumbuh paling cepat itu.

"Saya pikir itu akan menarik banyak anak muda yang ingin bermain-main di layar. Juga ketika Anda sedang duduk mengisi daya," kata Fisker.

Fisker dan Vinfast juga menggunakan pertunjukan itu untuk masuk radar dengan model-model baru dan klaim berani yang mereka katakan akan memiliki kendaraan yang lebih terjangkau dan jarak jauh daripada penawaran sang pesaing, Tesla.

Tesla telah menjadi pembuat mobil paling berharga di dunia, dengan kapitalisasi pasar lebih dari  1 triliun dolar AS, karena telah mendefinisikan ulang pasar kendaraan listrik dengan mobil dan SUV berteknologi tinggi yang ramping seperti Model Y yang menawarkan jarak mengemudi yang lebih panjang di antara biaya daripada saingan model.

Tesla telah memanfaatkan keunggulan teknologi yang dirasakan dan permintaan yang kuat untuk menaikkan harga kendaraannya, terutama karena harga bahan baku dan semikonduktor telah meningkat tahun ini.

Kepala Eksekutif global Vinfast, Michael Lohscheller, mengatakan kendaraannya akan memiliki "harga yang wajar," yang merupakan kunci untuk membuat orang beralih dari mobil bensin ke mobil listrik.

Fisker mengatakan outsourcing produksi model ke Magna International telah memungkinkan perusahaan untuk mempersingkat waktu pengembangan dan dengan demikian menggunakan teknologi baterai jarak jauh terbaru dari pemasok, CATL.

"Teknologinya sangat baru. Kebanyakan pembuat mobil lain, mereka memilih teknologi mereka tiga tahun sebelum kendaraan itu keluar," katanya.

“Tetapi akan menjadi tantangan bagi pembuat mobil dan perusahaan rintisan untuk menghadapi Tesla, yang "identik dengan kendaraan listrik," kata Smith.

GM, dan Nissan juga telah meluncurkan mobil listrik, tetapi tidak satupun dari mereka telah membuat penyok dalam dominasi Tesla, kata Smith dari Automotive Research. Meningkatkan EV adalah tantangan lain, tambahnya.

"Kendaraan listrik membuka peluang bagi banyak perusahaan, dari mana pun mereka berasal," katanya.