Bagikan:

JAKARTA - Popularitas Hyundai Motor Group (HMG) di Amerika Serikat (AS) tengah meningkat mereka berhasil menjadi merek mobil listrik terlaris kedua di AS setelah Tesla pada kuartal kedua tahun ini. 

HMG melaporkan pertumbuhan penjualan EV yang luar biasa sebesar 74 persen tahun ke tahun, berkat kesuksesan model berbasis E-GMP seperti Hyundai Ioniq 5, Ioniq 6, Kia EV6, dan EV9. Kini, pabrikan Korea ini berharap model-model baru akan semakin memperkuat jajaran EV yang sudah kuat.

Kabar ini cukup mengejutkan mengingat penjualan mobil listrik memang mengalami pasang surut tahun ini, namun Hyundai Motor Group terus melaju kencang dengan rencana elektrifikasinya. 

Melansir InsideEvs, 13 Agustus, salah satu model terbaru HMG yang akan segera dikenalkan adalah Hyundai Ioniq 9. Kabar ini diperkuat setelah media Korea Selatan, Newsis, mengutip sumber internal yang melaporkan bahwa versi produksi Ioniq 9 dapat debut di Los Angeles Auto Show (22 November - 1 Desember) akhir tahun ini. 

7

Sebelumnya banyak yang memperkirakan Ioniq 9 setara dengan Kia EV9 dan akan diberi nama Ioniq 7, terlebih setelah dipamerkannya "Seven Concept" pada tahun 2021. Namun, pabrikan kemudian mengubah nama menjadi Ioniq 9, mengubahnya menjadi model flagship dan membuka ruang untuk pengembangan model Ioniq 7 atau Ioniq 8 yang lebih kecil di segmen berbeda. 

Ionig 9 diprediksi menggunakan platform E-GMP yang sama, menawarkan tiga baris tempat duduk, dan opsi powertrain serupa dengan EV9. Media Korea melaporkan bahwa Hyundai telah menguji model ini sejak Maret dan saat ini sedang melakukan inspeksi kualitas akhir.