Discord Rangkul Erat Bot, Sampai Luncurkan Kemampuan Baru
Discord membangun platform aplikasinya sendiri berdasarkan bot. (foto: Discord)

Bagikan:

JAKARTA - Selama beberapa tahun terakhir ternyata Discord diam-diam membangun platform aplikasinya sendiri berdasarkan bot. Lebih dari 30 persen server Discord sekarang menggunakan bot.

Laporan menyebutkan, 430.000 di antaranya digunakan setiap minggu di seluruh Discord oleh 150 juta pengguna aktif bulanannya. Sekarang, bot adalah bagian penting dari platform, perusahaan merangkul mereka lebih jauh dengan fitur kemampuan untuk mencari dan menelusuri bot di Discord.

Fitur penemuan baru itu akan mulai muncul di Discord pada musim semi 2022. Bot terverifikasi yang totalnya diperkirakan sekitar 12.000 saat ini akan dapat ditemukan melalui fitur tersebut.

Lewat bantuan bot Discord, pengguna akan bisa menggunakan banyak fitur-fitur tambahan di server Discord seperti musik, gim, polling, hadiah, moderator, dan banyak lagi.

Lebih lanjut, pengembang bisa memilih untuk dapat dengan mudah ditemukan oleh pengguna. Bot sangat kuat di Discord, menawarkan berbagai penyesuaian untuk server. Pemilik server Discord dapat memasang bot mereka di server untuk membantu memoderasi mereka atau menawarkan mini-gim dan fitur ke komunitas mereka.

Adapula bot populer yang akan mengeluarkan meme setiap hari, bahkan membantu bagaimana cara membuat bot sendiri, atau bot musik yang memungkinkan pengguna Discord mendengarkan lagu bersama.

Namun sebelumnya, dua bot musik paling populer, Rythm dan Groovy, dipaksa untuk mematikan layanannya belum ini oleh Google, karena penggunaan YouTube untuk memutar musik di server Discord.

Itu merupakan peristiwa yang mengguncang komunitas bot Discord dan menegaskan bahwa bot Discord menjadi cukup populer untuk diperhatikan oleh perusahaan multinasional besar seperti Google.

Discord secara bertahap juga meningkatkan API resminya untuk pengembang, termasuk Slash Commands untuk mempermudah mempelajari cara menggunakan bot. Sejumlah tombol, daftar dropdown, dan kemampuan untuk mengintegrasikan bot ke dalam menu di server Discord juga telah ditambahkan.

Fitur penemuan aplikasi baru tentu akan membantu pengguna Discord menemukan bot dengan lebih mudah, daripada mengandalkan situs web pihak ketiga atau sekadar menemukan bot menggunakan mesin pencari.

Discord juga membuatnya sedikit lebih mudah untuk menambahkan bot ke server dengan menambahkan tombol “Add to Server” pada profil bot. Demikian dikutip dari The Verge, Kamis, 18 November.