Bagikan:

JAKARTA – Cabang olahraga (cabor) tinju menargetkan membawa pulang dua medali emas dari ajang SEA Games Kamboja yang akan berlangsung dari 5 sampai 17 Mei 2023.

Manajer Tinju SEA Games 2023, Hengky Silatang mengatakan, target itu melampaui ajang dua tahunan ini edisi sebelumnya. Ia melanjutkan, Indonesia bahkan bisa mendapat lebih dari dua emas di Kamboja.

"Grafik tinju Indonesia sedang meningkat. Mudah-mudahan bisa mencapai target kami meraih dua medali emas, tapi kalau perlu bisa dapat lebih," ujar Hengky dalam keterangan yang diterima, Jumat, 28 April.

"Apalagi, atlet-atlet jauh lebih baik secara kondisi dan materi. Semoga saja kami bisa mendapatkan hasil yang lebih bagus," tambahnya.

Cabor tinju akan memberangkatkan 11 atlet terbaik mereka untuk bertanding di ajang multicabang terbesar di Asia Tenggara tersebut. Rincian atlet yang ikut ke Kamboja terdiri dari delapan putra dan tiga putri.

Mereka nanti akan turun pada 11 kelas, yang terdiri dari 3 kelas di putri dan 8 kelas di putra. Tiga kelas putri, yakni 54kg, 57kg, dan 63kg, sedangkan delapan kelas putra adalah 48kg, 51kg, 54kg, 57kg, 60kg, 63kg, 71kg, dan 86kg.

Hengky mengatakan bahwa dari 11 kelas yang diikuti tersebut, semuanya memiliki potensi mendapat emas. Namun, atlet Thailand, Kamboja, Filipina, dan Vietnam tetap akan menjadi penghalang yang serius.

"Tantangan hanya ada Thailand dan Filipina di putra. Kalau putri itu Vietnam. Sementara tuan rumah Kamboja juga, karena mungkin saja mereka memakai atlet naturalisasi," kata Hengky.